Tingkatkan Layanan Perbankan, IAIN Teken MoU dengan BNI

Guna meningkatkan pelayanan prima kepada pegawai, dosen, mahasiswa serta masyarakat di lingkar kampus dalam bidang perbankan, maka Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon mengadakan kerjasama dengan Bank Negara Indonesia (BNI) Cabang Ambon.

Penandatanganan MoU antara IAIN Ambon dengan BNI Cabang Ambon dilakukan oleh Rektor IAIN Ambon, Dr. Zainal Abidin Rahawarin, M.Si dengan Pimpinan BNI Cabang Ambon, Friedson WN Kongkoli, di Ruang Rapat Senat, Lt II Gedung Rektorat IAIN Ambon, Kamis, 18 Maret 2021.

Rektor IAIN Ambon, Dr. Zainal Abidin Rahawarin dalam sambutannya menyatakan, kerjasama merupakan salah satu ruang yang tepat untuk kemajuan suatu lembaga, termasuk di IAIN Ambon. Olehnya itu, IAIN Ambon terus membuka diri untuk membangun dan meningkatkan kerjasama dengan seluruh instansi, baik pemerintah maupun pihak swasta, termasuk perbankan.

Kerjasama di bidang perbankan, tidak lain untuk meningkatkan pelayanan di bidang ini secara profesional dan proporsional. Apalagi, sejalan dengan kerjasama ini, IAIN Ambon memiliki beberapa program studi yang meniscayakan adanya kerjasama dengan perbankan, selain untuk meningkatkan sumber daya manusia di bidang pendidikan, tapi juga dapat menjadi ruang praktikum kepada mahasiswa di bidang perbankan dan manajemen pengelolaan keuangan.

Ia berharap, kerjasama ini dapat terlaksana tidak hanya sebatas serimonial saja, tapi juga dalam bentuk realisasi program kerja di lapangan, baik dalam bentuk pengelolaan keuangan maupun peningkatan sumber daya manusia di kedua lembaga. Sebab, apa artinya kalau kerjasama tidak saling membawa berkah di antara kedua pihak.

Selain BNI, IAIN Ambon akui Rektor, juga telah bekerjasama dengan beberapa bank lainnya, mulai dari Bank Tabungan Negara (BTN) hingga Bank Indonesia, yang menjadi central perbankan. Bahkan, dari BI lewat kerjasama itu, setiap tahun ada bantuan beasiswa kepada mahasiswa di IAIN Ambon.

Secara singkat, Rektor juga menjelaskan bahwa kerjasama yang dilakukan ini, dalam rangka mendukung transformasi IAIN Ambon menjadi Universitas Islam Negeri (UIN). Di mana, sesuai peraturan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Agama RI, maka IAIN Ambon telah memenuhi sejumlah persyaratan untuk transformasi ke IAIN Ambon tersebut. Salah satunya, wajib memiliki dua program studi dengan akreditasi A. Saat ini, akui Rektor, IAIN Ambon telah memiliki tiga program studi dengan akreditasi A. Ketiga, Program Studi Perbandingan Mazhab, Program Studi Hukum Pidana Islam dan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

Sementara untuk menyambut UIN tersebut, IAIN Ambon tengah merancang sejumlah program studi baru lewat pembentukan Fakultas Saintek. Setidaknya, ada enam Prodi yang akan disiapkan untuk Fakultas Saintek; Prodi Fisika, Biologi, Perikanan dan Kelautan, Pertanian, Kimia, dan Statistik. Prodi lain yang sudah disiapkan borangnya yakni, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.

Sedangkan, Pimpinan BNI Cabang Ambon, Friedson WN Kongkoli, mengawali sambutannya mengaku kagum setelah melihat kondisi alam di lingkungan IAIN Ambon yang masih hijau dan asri. Menariknya, diapit oleh bebukitan yang sangat memanjakan mata untuk dikembangkan menjadi lebih baik.

Ia mengakui, sebagai perbankan yang menyediakan modal dan jasa, akan menjaga amanah kerjasama ini sesuai dengan kesepakatan bersama demi meningkatkan IAIN Ambon dan BNI pada khususnya dan Maluku pada umumnya. 

"Mudah-mudahan kita dapat bergandeng tangan bersama untuk mewujudkan keinginan IAIN Ambon. Keberhasilan IAIN Ambon di dalam mewujudkan cita-citanya tentu menjadi kebanggaan kami sebagai salah satu mitra di bidang kerjasama ini."

Terkait praktikum atau magang di BNI, Friedson mengakui ada bidang khusus yang menangani masalah peningkatan SDM, termasuk terkait penelitian mahasiswa. "Mudah-mudahan pula, setelah ada yang praktek di kami, mereka kemudian berkesempatan untuk mengabdi di kami," harap dia.

Ia juga menjelaskan, bahwa pihaknya juga menyediakan kredit agunan yang menjadi bagian dari kerjasama ini. "Selanjutnya, kita akan mendudukan hal-hal yang terkait dengan kerjasama ini. Kami siap membantu dan berkolaborasi untuk semua ini berhasil dengan baik tidak hanya sekarang, tapi seterusnya," tutup Friedson. (*)

IAIN AMBON MOU IAIN AMBON DENGAN BNI AMBON

Dilihat: 176