Rektor & Pimpinan IAIN Ambon Ikuti Seminar Indonesia Emas yang Dibuka Menag

IAINAMBON.AC.ID, AMBON, - Rektor, Dr. Zainal Abidin Rahawarin, dan jajaran pimpinan serta perwakilan mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon mengikuti secara virtual zoom, Seminar Nasional menuju Indonesia Emas, yang diselenggarakan oleh Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin, Makassar, Senin, 13 Juni 2022.

Seminar Nasional menuju Indonesia Emas ini menghadirkan dua keynote speaker; Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas, dan, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim.

Menteri Agama RI, Cholil Caumas, menyoroti sejarah perjuangan mendiang Presiden RI, Soekarno, yang harus dipelajari dan diingat oleh seluruh mahasiswa di Indonesia, terutama mahasiswa PTKIN, sebagai tujuan pembangunan bangsa Indonesia ke depan.

Di mana, menurut Yaqut, Indonesia bersama Soekarno telah dicita-citakan menuju masa kejayaan atau keemasan. Cita-cita bung Karno ini, harus terus diperjuangkan oleh generasi muda bangsa. Sebabai Indonesia Emas dapat dicapai ketika pemudanya serius memperjuangkan nasib bangsa ini.

Cholil berharap, para peserta Seminar menuju Indonesia Emas ini, dapat menyerap apa yang disampaikan oleh para pemateri. Selanjutnya, dari materi-materi itu, kemudian dipraktekan pada kehidupan sehari-hari.

Sementara Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, dalam sambutannya menyatakan, di era digitalisasi saat ini, mahasiswa memiliki peluang yang sangat luas, untuk meningkatkan karirnya. Sebab, bukan saja di Indonesia, tapi di berbagai negara telah disiapkan beasiswa, terutama kali untuk kalangan mahasiswa atau generasi muda di wilayah Indonesia Timur.

Untuk itu, Nadiem mengajak seluruh mahasiswa atau generasi muda Indonesia, agar terus belajar untuk meraih segudang beasiswa yang telah disiapkan pemerintah, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Sebaliknya, selaku haibul hajat, Rektor UIN Alauddin, Makassar, Prof Hamdan Juhannis, dalam laporannya menyatakan, kegiatan Seminar Nasional menuju Indonesia Emas ini, diselenggarakan sebagai bentuk dorongan dan motivasi kepada para mahasiswa, dan generasi muda Indonesia, bahwa apa yang dicita-citakan oleh para founding fathers puluhan tahun silam, kini sudah dekat. Di mana, tinggal menghitung hari, Indonesia akan menuju kejayaan atau disebut Indonesia Emas.

Atas dasar itu, mahasiswa selaku generasi muda yang akan melanjutkan estafet bangsa ini, harus dibekali dengan pengetahuan yang memadai. Sehingga, kegiatan ini, menghadirkan motivator sebagai pembicara tunggal, yang akan memotivasi para peserta, untuk memiliki semangat menuju Indonesia Emas di tahun mendatang. (*)

IAIN AMBON UIN AMBON SEMINAR NASIONAL indonesia emas menuju indonesia emas

Dilihat: 54