Rektor Lantik Pengurus DWP IAIN Ambon Periode 2020-2024

IAIN AMBON, - Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, Dr. Zainal Abidin Rahawarin, M.Si secara resmi melantik Pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Unit IAIN Ambon Periode 2020-2021. Pelantikan berlangsung di Ruang Aula Lt III Gedung Rektorat IAIN Ambon, Kamis, 28 Januari 2021.


Dalam sambutannya, Rektor menyampaikan beberapa pesan penting yang dapat dihayati dan dilaksanakan oleh Pengurus DWP Unit IAIN Ambon Periode 2020-2024.

Menurut Rektor, kata persatuan yang ada di dalam kelanjutan nama organisasi tersebut tidak hanya pelanjut nama organisasi, tapi lebih dari itu, sebagai ikhawal untuk mengingatkan seluruh pengurus dan anggota DWP tentang pentingnya menjaga hubungan dan kerjasama.

Terkait keberadaan DWP di lingkup IAIN Ambon, kata Rektor, selain mereka terikat dengan organisasi DWP sendiri, tapi lebih penting bahwa seluruh pengurus dan anggota DWP IAIN Ambon terikat dengan lembaga IAIN Ambon, yang didalamnya terdapat kata 'Islam', yang menjadi ciri dari perguruan tinggi keagamaan Islam di Indonesia, bahkan di dunia, termasuk IAIN Ambon sendiri.

"Sebuah organisasi apapun organisasinya, kalau itu tidak ada persatuan, maka tidak disebut organisasi. Jadi, saya berharap, jangan hanya disematkan kata persatuan, tapi, bagaimana mengaplikasikan wujud dari kata persatuan tersebut. Wujud dari organisasi itu adalah menghimpun banyak orang. Langkah yang paling awal adalah bersatu. Tanpa bersatu, itu bukan organisasi namanya. Mengorganisasikan sekelompok orang atau individu untuk mencapai satu tujuan dengan persepsi bersama."

Rektor kemudian menguraikan kata Persatuan tersebut secara lebih detil yang berkaitan langsung dengan tugas dan tanggungjawab DWP IAIN Ambon. "Saya berharap, di masa periode kepengurusan ini, yang tadinya kita tidak bersatu, bersatu dalam hati, bersatu dalam pikiran, dan bersatu dalam tindakan. Jangan pikiran dan mulut menyatakan persatuan, tapi hati tidak terkoneksi dengan apa yang disebut mulut dan pikiran, kemudian tindakan kita menjadi liar. Masing-masing tindakan menjadi sendiri-sendiri. Bersatu itu harus secara integral, antara pikiran dan perbuatan atau tindakan harus selaras," tekan Rektor mengingatkan.

Menurut Rektor, bersatu harus selaras antara pikiran, perkataan, dan perbuatan. "Mengapa ini penting, karena lembaga ini disematkan dengan institusi keagamaan Islam. Tanpa bersatu, maka bisa bercerai-berai yang menyebabkan tugas dan tanggungjawab kita tidak dapat dijalankan dengan baik. Jadi saya berharap di kepengurusan yang baru ini, adalah kepengurusan yang sama-sama, menyatukan pikiran, hati dan perbuatan kita, untuk membawa lembaga ini menjadi yang lebih baik, ber-marwah, lembaga yang mempunyai kehormatan."

Rektor mengingatkan bahwa seluruh tindakan yang nantinya dilakukan oleh pengurus dan anggota DWP IAIN Ambon, akan terikat dengan tiga hal penting. Pertama, korps dari organisasi Dharma Wanita, kemudian IAIN Ambon sebagai lembaga di mana DWP ini berada, dan ketiga keberadaan IAIN Ambon sebagai lembaga pendidikan Islam.

"Jadi, mari kita saling membina kesatuan dan persatuan kita, untuk mewujudkan cita-cita Dharma Wanita Persautan IAIN Ambon. Apa tujuan dan cita-citanya, nanti dirumuskan di dalam rapat kerja," pesan Rektor.

Terkait program, Rektor berharap pada saat Raker DWP berlangsung, harus dirumuskan program yang selaras untuk mendukung kemajuan pembangunan di IAIN Ambon. Salah satu yang jadi perhatian penting Rektor untuk dapat diurus oleh DWP IAIN Ambon, yakni keberadaan lembaga pendidikan usia dini (PAUD), yang sudah dikelola oleh DWP. Seperti diketahui, PAUD tersebut belum mengkantongi izin operasional, sehingga di tahun ini, harus diupayakan agar secepatnya diurus.

"Segerakan juga mendapatkan secara resmi izin operasional PAUD. Dibuatkan yayasan pendidikan, yang dapat menghimpun seluruh potensi di lembaga ini, sehingga lewat PAUD dapat menghimpun anak cucu kita, untuk menjadi bekal generasi yang unggul dan berkembang di lingkungan pendidikan yang berkembang.

Sebelumnya, mereka yang dilantik sebagai pengurus DWP IAIN Ambon di antaranya; Ketua, Ny. Saut Rahawarin, Wakil Ketua I, Ny. Wa Ode Muzian La Jamaa, Wakil Ketua II, Ny. As Husen Wattimena, Wakil Ketua III, Ny. Nona Faqih Seknun, Sekretaris, Ny. Djamila Man Arfa, Wakil Sekretaris I, Ny. Dharmawati Latuconsina, Wakil Sekretaris II, Ny. Masita Wakano, Wakil Sekretaris III, Syahida Latuconsina, Bendahara, Ny. Mahera Kabalmay, Wakil Bendahara, Ny. Andi Darmi Syamsuddin, Ketua Bidang Ekonomi, Ny. Nur Djumady Djunaedy, Sekretaris Bid Ekonomi, Ny. Sumiaty Nasaruddin Umar, Ketua Bidang Sosial Budaya, Ny. Verial Assagaf, Sekretaris Bid Sosbud, Ny. Sufatmawaty Tidore, Ketua Bidang Pendidikan, Ny. Rahima Latauapo dan Sekretaris Bid Pendidikan, Ny. Erni Muhajir Abd. Rahman. (*)

IAIN AMBON dharma wanita persatuan PAUD DWP IAIN Ambon

Dilihat: 143