​Rektor IAIN Ambon dan Bupati SBB Tandatangan Kerjasama

ianambon.ac.id, - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon melakukan penandatanganan kerjasama Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyaraka

Penandatanganan kerjasama ini dilakukan oleh Plt. Bupati SBB, Timotius Akerina dengan Rektor IAIN Ambon, Dr. Zainal Abidin Rahawarin, M.Si, di ruang Rapat Bupati di Piru, Rabu, 18 Agustus 2021.

Secara bersamaan, selain dilakukan penandatanganan kerjasama dengan IAIN Ambon, penandatangan kerjasama juga dilakukan oleh Bupati SBB, dengan Rektor Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM), Dr. Jamet Damamain di tempat yang sama.

Plt. Bupati SBB, yang kerap disapa Yus Akerina sebelum dilakukan penandatanganan kerjasama ini, mengaku bangga dengan kehadiran dua pimpinan perguruan tinggi tersebut ke Pemkab SBB, untuk sama-sama membangun kerjasama di bidang pendidikan.

Disadari dengan sungguh, kata Yus, pendidikan merupakan kunci dari kemajuan suatu daerah. Olehnya itu, selain kerjasama yang sudah dibangun dengan Universitas Pattimura Ambon, kerjasama baik dengan IAIN Ambon maupun dengan UKIM, menjadi suatu kebutuhan utama yang harus diprioritaskan.

Yus menjelaskan, kerjasama di bidang pendidikan ini merupakan cita-cita bersama yang sudah digagasnya dengan mendiang Bupati SBB, M. Yasin Payapo. Sebab itu, ia sebagai pimpinan SBB kini, sewajibnya melanjutkan apa yang sudah dicita-citakan bersama tersebut.

Ia berharap, lewat kerjasama dengan IAIN Ambon dan UKIM ini, dapat meningkatkan pembangunan di bidang sumber daya manusia yang lebih baik ke depan.

Yus juga menjelaskan, IAIN Ambon bagi masyarakat SBB sudah tidak asing, sebaliknya dengan UKIM. Sebab, sebagian besar masyarakat di SBB khususnya yang beragama Islam, menimba pendidikan di IAIN Ambon. Banyak pula, kata Yus, alumni IAIN Ambon yang merupakan putra daerah, yang kini mengabdikan ilmunya untuk kemajuan pembangunan di Kabupaten Saka Mese Nusa tersebut.

Plt. Bupati ini mengaku terhormat, karena bisa didatangi dua pimpinan perguruan tinggi bersama, dan sama-sama melakukan penandatanganan kerjasama di bidang pendidikan, penelidian dan pengabdian kepada masyarakat.

Ia lalu meminta dukungan dan bantuan baik dari pimpinan IAIN Ambon maupun pimpinan UKIM, agar kiranya dapat memperhatikan warganya yang menimpa ilmu di dua kampus tersebut. Permintaan lainnya dari Plt Bupati ini kepada para pimpinan dari dua kampus tersebut, agar sekiranya dapat membantu Pemkab SBB untuk berbagai penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk menata pembangunan di kabupaten tersebut.

Sementara Rektor IAIN Ambon, Dr. Zainal Abidin Rahawarin, M.Si, menyambut positif permintaan dan harapan Plt Bupati SBB, Yus Akerina. Rektor berharap, kerjasama ini tidak sebatas serimonial saja, tapi akan ditindaklanjuti dalam berbagai program yang diadakan secara bersama-sama, salah satunya membuka program kelas khusus baik untuk pendidikan sarjana maupun magister untuk masyarakat dan pegawai SBB.

Selain itu, Rektor juga menjelaskan tentang program studi yang dikembangkan di IAIN Ambon, yang membuka ruang kepada seluruh masyarakat untuk dapat menimba ilmu di kampus tersebut, termasuk untuk masyarakat non-Muslim.

Rektor menjelaskan, beberapa program studi di IAIN Ambon menerima mahasiswa non-Muslim, seperti Jurnalistik dan KPI. Di mana, program studi ini bahkan telah memiliki lulusan non-Muslim.

Hadir dalam kegiatan ini, Rektor IAIN Ambon, Dr. Zainal Abidin Rahawarin, Wakil Rektor I IAIN Ambon, Prof. Dr. La Jamaa, merangkap Plh Direktur Pascasarjana, Warek II IAIN Ambon, Dr. Husen Wattimena merangkap Plh Dekan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam, Wakil Rektor III, Dr. M. Faqih Seknun, Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Dr. Ye Husen Assagaff, Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Dr. Ridwan Latuapo, Ketua LPM IAIN Ambon, Dr. Abidin Wakano, serta Kabag Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni, Muslim, M.Pd.I. Rektor UKIM, Dr. Djafer Damamain dan staf. Unsur Pemkab SBB, selain Plt. Bupati SBB, Timotius Akerina, Sekda SBB, Mansur Tuharea, Karo Kesra SBB, beserta unsur pimpinan daerah SBB lainnya. (*)

KERJASAMA IAIN AMBON MoU IAIN Ambon dengan Kemenag Maluku pemda sbb bupati sbb plt bupati sbb

Dilihat: 195