Ratusan Alumni SMA/Sederajat Berebut Kursi Kuliah di IAIN Ambon

Sebanyak 745 alumni dari berbagai Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat mengikuti tes ujian masuk di kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, yang digelar serentak pada, Senin, (30/7).
Wakil Rektor I IAIN Ambon, Dr. H. Mohdar Yanlua, MH, menjelaskan, tes ujian masuk IAIN Ambon yang digelar kemarin merupakan jalur Ujian Mandiri (UM), yang diikuti oleh 745 orang dengan rincian, kelompok IPC sebanyak 349, kelompok IPS 323 dan kelompok IPA 73. Rinciannya, untuk Program Studi Ekonomi Syariah 132 orang, Prodi Pendidikan Agama Islam 88 orang, Prodi Pendidikan Biologi 86 orang, Prodi Pendidikan Matematika 60 orang, Prodi Manajemen Keuangan Syariah 57 orang, Prodi Hukum Pidana Islam 49 orang, Prodi Sosiologi Agama 47 orang, Prod Jurnalistik 44 orang, Prodi Manajemen Bisnis Syariah 42 orang, Prodi Manajemen Pendidikan Islam 38 orang, Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 22 orang, Prodi Hukum Ekonomi Syariah 20 orang, Prodi Perbandingan Madzhab 14 orang, Prodi Hukum Keluarga 13 orang, Prodi Tadris MIPA 8 orang, Prodi Bimbingan dan Konseling Islam 8 orang, Prodi Pengembangan Masyarakat Islam 6 orang, Prodi Aqidah dan Filsafat Islam 6 orang, serta Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam 5 orang.
Ia menjelaskan, para peserta ini mengikuti Tes Potensi Akademik, Bahasa, dan Keislaman, yang sesuai dengan masing-masing kelompok yang dipilih. Setelah mengikuti ujian masuk ini, selanjutnya menurut Mohdar, pengumuman hasilnya akan disampaikan pada tanggal 5 Agustus 2018. Mohdar menyebutkan, sampai saat ini belum ada keputusan untuk membuka jalur berikut. Tentu, untuk membuka kembali penerimaan mahasiswa baru setelah UM, akan diputuskan lewat rapat pimpinan.
Sebelumnya, IAIN Ambon juga telah melakukan dua kali seleksi penerimaan mahasiswa baru nasional. Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, dan Ujian Seleksi lewat sekolah-sekolah. Untuk para peserta yang sudah lulus melalui tahap pertama dan kedua, kata Mohdar, dapat langsung melakukan pendaftaran ulang di Bagian Akademik IAIN Ambon, dan selanjutnya membayar SPP sesuai prosedur yang ada. Sebaliknya untuk yang baru mengikuti seleksi, akan melakukan registrasi setelah diumumkan hasilnya pada tanggal 5 Agustus 2018 mendatang. (***)

Dilihat: 362