PKMI IAIN Ambon Gelar Konser Seni dan Musik Islami

iainambon.ac.id - AMBON, -- Pusat Kajian Musik Islam (PKMI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon menggelar Konser Seni Budaya dan Musik Islam. Kegiatan yang dimeriahkan oleh perwakilan mahasiswa ini dipusatkan di Gedung PKMI IAIN Ambon, Kamis, 9 September 2021.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama IAIN Ambon, Dr. M. Faqih Seknun mengapresiasi suksesnya kegiatan Konser PKMI 2021 ini.

Menurut dia, konser dengan tema 'Eksistensi IAIN Ambon sebagai Pusat Kajian Musik Islam di bumi para Raja', ini menjadi bagian penting dalam pengembangan IAIN Ambon, terutama dalam mendukung program pemerintah daerah, khususnya lagi Ambon sebagai City of Music.

Sebagai Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Faqih menganggap kegiatan ini sangat membantu untuk meningkatkan skill dan kreatifitas mahasiswa di tengah derasnya arus digitalisasi. Sebab, kondisi negara yang sedang dilanda wabah Covid-19 ini, telah membatasi kegiatan-kegiatan yang digelar secara termasuk, sehingga suksesnya kegiatan ini menjadi warna baru untuk menata kemajuan IAIN Ambon pada umumnya.

Ia berharap, Direktur PKMI IAIN Ambon beserta pengelolannya, agar terus memanfaatkan fasilitas yang ada, untuk membina para mahasiswa dalam meningkatkan minat dan bakatnya. "Sebagai Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, sangat sangat bangga dengan kegiatan ini. Kami berharap, kegiatan ini terus ditingkatkan, dan dibuatkan menjadi agenda rutin tahunan. Sehingga, dari sini minat mahasiswa dapat diasa untuk mengikuti event yang lebih besar lagi," akui dia.

Terkait kegiatan ini, Direktur PKMI IAIN Ambon, Iga Ayu Intan Candra M.Pd mengakui, mahasiswa IAIN Ambon memiliki potensi di berbagai bidang. Salah satunya, di bidang musik dan tari. Terbukti, kegiatan ini diisi dengan peserta dari mahasiswa IAIN Ambon. Di mana, sebelumnya para mahasiswa ini dilatih kemudian ditampilkan pada Konser ini.

Setidaknya, dari sini para mahasiswa yang sedang mengikuti pelatihan secara rutin di PKMI IAIN Ambon, terus menyemangati mereka. "Saya sangat bersyukur sekali, karena mahasiswa penuh dengan semangat untuk memberikan tampilan yang terbaik. Ini akan membuka jalan kepada mahasiswa IAIN Ambon umumnya ke depan. Kami melihat bahwa mahasiswa IAIN Ambon memiliki bakat dan skill yang luar biasa," kata dia.

Apalagi, kata dia, PKMI IAIN Ambon telah bekerjasama dengan Ambon Music of Office, yang sama-sama membantu meningkatkan skill dan kreatifitas mahasiswa, baik di bidang olah vokal, hingga tarian adat. Kerjasama juga dilakukan dengan Bekraf Maluku, yang merupakan penyumbang fasilitas PKMI IAIN Ambon.

Lewat kegiatan ini, Iga berharap dukungan penuh dari Institut dan seluruh pimpinan fakultas. Salah satunya, Iga mengusulkan agar setiap momen kegiatan, kiranya dapat menampilkan para mahasiswa yang berbakat ini, sebagai pengisi acara. Misalnya, kata dia, dalam acara wisuda dan lain sebagainya. Untuk latihan, lanjut dia, dilakukan secara rutin sesuai dengan jadwal yang telah disusun oleh PKMI IAIN Ambon.

Selain dihadiri Wakil Rektor III, pimpinan fakultas dan perwakilan mahasiswa, kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh Direktur Ambon Musif of Office, Ronny Lopies. (*)

Reporter : Asril Tombalissa dan Trio Emlamera

IAIN AMBON pkmi iain ambon bekraf city of music konser pkmi

Dilihat: 92