Pesan Karo Biro Perencanaan Sekjen Kemenag untuk IAIN Ambon

IAIN AMBON,- Kepala Biro pada Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal Kementerian Agama RI, Dr. H. Ali Rokhmad, M.Pd., menghadiri Rapat Kerja (Raker) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon Tahun Anggaran 2021, yang digelar di Golden Hotel, Belakang Soya, Kota Ambon, Senin, 9 - 11 Maret 2020.

| Nonton video Pernyataan Lengkap Dr. H. Ali Rokhmad, M.Pd

Usai mengisi materi pada Raker IAIN Ambon, Karo Biro Perencanaan Sekjen Kemenag RI, Dr. H. Ali Rokhmad, M.Pd, meminta kepada seluruh pimpinan di lingkup IAIN Ambon agar dalam penyusunan anggaran Tahun 2021 sudah harus menggunakan konsep Universitas Islam Negeri (UIN), tidak lagi institut. Pernyataan Rokhmad beralasan, karena IAIN Ambon merupakan salah satu dari sembilan IAIN yang sedang berproses menjadi UIN. Prosesnya, sudah sampai di Kemenpan RB dan tinggal menunggu proses kelanjutannya di Kemensesneg RI.

Menurut Dr. H. Ali Rokhmad, M.Pd, IAIN Ambon tidak lama lagi akan menjadi UIN. "Olehnya itu, di Tahun 2021 sudah disiapkan perencanaan berbasis kinerja menuju peningkatan kualitas dari Institut menjadi Universitas. Olehnya itu, beberapa hal yang harus menjadi perhatian, tentu disamping akses, adalah bagaimana meningkatkan mutu proses pembelajaran di UIN nanti, karena pada akhirnya nanti akan berkembang menjadi beberapa fakultas, dan Prodi-Prodi, terutama Prodi umum. Olehnya, harus tentu harus dipersiapkan penganggarannya, SDM-nya, bagaimanapun SDM harus meningkat dengan konsep universitas, bukan lagi institut," jelas Rokhmad.

Kata dia, hal yang patut menjadi perhatian juga, terkait tenaga pengajar. Di mana, harus meningkatkan kuantitas dan kualitas dosen dengan gelar doktor, yang mengarah kepada profesor. "Karena bagaimanapun kualitas lembaga pendidikan itu, juga didukung oleh tenaga pengajarnya." Untuk itu, Rokhmad berjanji akan memperjuangkan anggaran untuk pengelolaan IAIN Ambon dengan konsep Universitas, bukan lagi Institut. "Di Tahun 2021, kita akan upayakan karena IAIN Ambon ini akan bertransformasi menjadi UIN, maka kita akan dukung juga dari pembangunan infrastruktur, melalui sumber pembiayaan SBSN. Insya Allah, kita anggarkan di Tahun 2021. Ya. Mudah-mudahan nanti akan semakin bisa memperkuat sarana yang ada, untuk bisa meningkatkan mutu dari proses pembelajaran di universitas ataupun institut yang akan datang."

Terkait dengan bantuan untuk bencana di IAIN Ambon, kata dia, akan ada pembiayaan dari PUPR, BNPB, terutama untuk merehab bangunan yang mengalami kerusakan pasca terjadi bencana di Maluku. "Untuk Kemenag, di samping SBSN, diharapkan nanti ada upaya-upaya lain. Misalnya, kita akan upayakan infrastruktur penanggulangan bencana ini, dengan mencoba mencari alternatif sumber pembiayaan dari pinjaman luar negeri. Karena, kalau nanti sudah universitas, bagaimanapun akan diperlukan berbagai infrastruktur, yang saya kira tidak cukup kalau hanya dari SBSN. Insya Allah nanti pinjaman luar negeri, kita akan upayakan nanti kerjasama dengan Bappenas dan Kementerian Keuangan," janji Rokhmad. (*)

IAIN AMBON UIN IMAM RIJALI AMBON RAKER IAIN AMBON TA 2021

Dilihat: 188