Pembagian Draf RKA-KL Tahun 2022

iainambon.ac.id, -- AMBON, -- Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, Dr. Zainal Abidin Rahawarin, M.Si, secara resmi menyerahkan draf Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga (RKA-KL) kepada pimpinan fakultas, bagian, unit dan pusat, di jajaran IAIN Ambon, Rabu, 12 Januari 2022.

Pembagian Perjanjian Kinerja dan Rencana Kerja, dan Anggaran IAIN Ambon Tahun 2022, berlangsung di Ruang Rapat Senat, Lt II Gedung Rektorat IAIN Ambon, dihadiri seluruh unsur pimpinan.

Rektor IAIN Ambon, Dr. Zainal Abidin Rahawarin, M.Si dalam sambutan menjelaskan, sekiranya rincian RKA-KL yang sudah diterima oleh masing-masing pimpinan, agar segera dipelajari dan ditelaah sesuai dengan kebutuhan dan program yang dirancang pada tahun 2022. Selanjutnya, apabila ada koreksi, maka hasilnya untuk disampaikan secepatnya kepada bagian perencanaan, guna ditindaklanjuti. Hal ini penting, sehingga program kerja yang akan dilaksanakan pada tahun 2022 nanti, dapat terlaksana dengan baik tanpa hambatan apapun.

Menurut Rektor, evaluasi penting dilakukan oleh setiap pimpinan, sehingga dalam belanja program yang dilaksanakan tahun ini, sesuai dengan target dan capaiannya. Sebab, perencanaan yang baik, akan menentukan program yang baik pula. Sebaliknya, akan mendukung rencana penganggaran di tahun mendatang. Terpentingnya, setiap kegiatan harus dilandaskan kepada sistem pelaporan yang benar, akuntabel dan transparan, sehingga memudahkan proses audit dari lembaga audit, baik itu SPI, Inspektorat atau BPK.

Beberapa aspek penting yang patut diperhatikan dari setiap program yang direncanakan, yakni harus selaras dengan kebutuhan peningkatan pelayanan, baik dari aspek kelembagaan, pendidikan, maupun mutu akademik.

Salah satunya, Rahawarin berharap dalam satu tahun masa kepemimpinannya, seluruh civitas akademik berlomba-lomba untuk mencapai target anggaran maksimal yang hasilnya akan berdampak pada peningkatan lembaga baik dari aspek layanan maupun aspek kelembagaan itu sendiri.

"Tahun kemarin adalah awal kepemimpinan saya. Kiranya, seluruh laporan sudah disiapkan secara profesional dan proporsional, sehingga pertanggungjawabannya berjalan dengan baik. Kalau semuanya dapat dilaksanakan secara transparan, akuntabel dan kualifaid, maka insha Allah, perencanaan dan penganggaran di tahun mendatang akan terus meningkat ke arah yang lebih baik."

Untuk itu, Zainal berharap agar seluruh unit dan lembaga yang laporan keuangannya belum lengkap, agar segera dilengkapi. Terkait penyerahan RKA-KL kemarin, Zainal mengingatkan kepada seluruh unsur pimpinan penerima RKA-KL, agar penyerapan anggarannya sesuai target 75 persen di pertengahan tahun. Sebab, ketika penyerapannya tidak sesuai target, maka dipastikan akan ada sanksi, yang menyebabkan terjadinya penurunan anggaran di tahun berikutnya.

Kesempatan ini pula, Rektor kesiapan penggunaan sistem pelayanan digitalisasi. Kalau tidak ada aral, maka dua tahun ke depan, seluruh sistem pelayanan di IAIN Ambon, sudah dilaksanakan secara digitalisasi. Semua ini, disiapkan dari sekarang, yang diharapkan akan menjadi perguruan tinggi PTKIN pertama di Indonesia Timur yang menerapkan sistem ini. Para pimpinan yang menerima RKA-KL ini adalah, Wakil Rektor I, II dan III, para Dekan, Direktur Pascasarjana, para Kabag, dan Kepala Pusat. (*)

IAIN AMBON UIN AMBON universitas islam negeri ambon rkakl 2022 rkakliainambon2022

Dilihat: 119