Pekan ini, Tim Kemenag Visitasi Alih Bentuk IAIN Ambon


IAIN AMBON,- Bila tak ada aral, Tim dari Kementerian Agama RI yang dipimpin langsung oleh Kabiro Ortala Kemenag RI, Drs. H. Afrizal Zen, M.Si, akan memvisitasi Alih Status Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Rijali Ambon.

Sesuai agenda yang terkonfirmasi di IAIN Ambon, tim akan tiba di Kota Ambon pada Kamis, 12 Desember 2019, dan akan memvisitasi dokumen alih status UIN Imam Rijali Ambon, pada Jumat, 13 Desember 2019. Hal ini disampaikan Wakil Rektor I IAIN Ambon, Dr. Mohdar Yanlua, kepada Rakyat Maluku di IAIN Ambon, Rabu, (5/12/2019).

Mohdar menjelaskan, dalam rangka kunjungan itu, semua hal ikhwal tentang kesiapan transformasi IAIN Ambon menjadi Universitas Islam Negeri tengah disiapkan. Tak saja menyiapkan perangkat keras seperti bangunan, tapi berkas-berkas administrasi, termasuk kesiapan informasi dan teknologi juga dibenahi. Dalam rangka itu, pihaknya telah mengumpulkan seluruh pimpinan di lingkup IAIN Ambon, baik itu Kabag maupun Kasubag, agar menyiapkan berbagai kebutuhan yang diperlukan oleh tim Alih Status dari Kemenag RI.

Ia sendiri, jelasnya, telah dipanggil langsung ke Kementerian Agama RI di Jakarta, beberapa waktu lalu perihal rencana kunjungan tim itu. Di mana, ini menjadi satu terobosan yang harus diseriusi sehingga rencana besar untuk menjadikan IAIN Ambon sesuai keinginan masyarakat di Maluku umumnya, dapat terealisasi dengan mulus. Mohdar memohon dukungan dan doa dari seluruh masyarakat, agar perjuangan untuk menjadikan IAIN Ambon sebagai Universitas dapat segera terpenuhi.

Sebab, menurut Mohdar, ketika IAIN Ambon berhasil ditingkatkan menjadi Universitas, maka secara yuridis, kampus ini dapat membuka lapangan kerja, dan tentu membuka fakultas dan program studi umum sesuai permintaan masyarakat. Saat ini, IAIN Ambon terbatas dengan aturan kalau ingin membuka program studi atau fakultas umum. Nah, dengan alih status itu, maka IAIN Ambon bebas membuka program studi umum yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan daerah.

Terlebih, alih status ini menjadi bagian penting dalam mendukung program pemerintah daerah, untuk pembangunan di sumber daya manusia.

Lebih jauh, Mohdar menjelaskan, peluang untuk IAIN Ambon menjadi UIN Ambon sangat luas. Di mana, beberapa bulan lalu, pihaknya telah dipanggil oleh Kementerian Agama di Jakarta, untuk mempresentasikan proposal alih status tersebut. Di mana, hasilnya IAIN Ambon lolos bersama sembilan PTKIN lainnya untuk ditingkatkan statusnya menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Ambon. "Selanjutnya kita menunggu proses dari pusat. Mudah-mudahan, kunjungan pekan depan ini akan memudahkan kita untuk percepatan alih status menjadi universitas," harapn Mohdar. (*)

IAIN AMBON VISITASI ALIH BENTUK

Dilihat: 63