Pangdam XVI Pattimura Soan ke IAIN Ambon

IAIN AMBON, - Mengawali tugasnya sebagai Pangdam XVI Pattimura, Mayjen TNI Jeffry A Rahawarin, beserta jajaran pimpinannya berkunjung ke kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, Rabu, 10 Maret 2021.

Kedatangan Pangdam XVI Pattimura beserta rombongan disambut hangat oleh Rektor IAIN Ambon, Dr. Zainal A. Rahawarin, M.Si beserta seluruh jajaran pimpinannya. Silaturahmi yang penuh keakraban dan kekeluargaan tersebut dipusatkan di Ruang Kerja Rektor IAIN Ambon.

Mengawali percakapan silaturahmi yang harmonis itu, Rektor memperkenalkan diri dan para pimpinan IAIN Ambon yang hadir. Sebaliknya dengan Pangdam XVI Pattimura, yang sama memperkenalkan diri dan jajaran pimpinan Kodam XVI Pattimura yang hadir bersamanya.

Dialog terbawa santai dan penuh kekeluargaan. Sebab, selain adanya hubungan keluarga semarga antara Rektor IAIN Ambon dengan Pangdam XVI Pattimura, juga dalam pertemuan tersebut hadir Wakil Rektor I IAIN Ambon, Prof. Dr. La Jamaa, yang ternyata merupakan teman sekelas Pangdam saat masih SMA di Kota Ambon. "Pak La Jamaa ini, adalah teman saya. Dan, paling pintar di kelas," kisah Pangdam disambut tawa. Teman sekelas Pangdam lainnya, mantan Kadis PUPR Maluku, Ismail Usemahu dan mantan Anggota DPRD Kota Ambon, Afras Pattisahusiwa.

Rektor kemudian berterima kasih atas kunjungan Pangdam dan jajarannya di kampus hijau tersebut. Ia berharap, kunjungan ini bukan yang pertama, tapi akan dilanjutkan dengan kunjungan berikutnya dalam bentuk kuliah umum bersama civitas akademika IAIN Ambon. "Kunjungan ini sebagai momentum awal, untuk mengundang kembali Pak Pangdam dalam memberikan kuliah umum secara khusus di IAIN Ambon terkait masalah Kamtibmas."

Menurut Rektor, Maluku saat ini adalah, Maluku yang damai. "Maluku yang dicintai oleh semua warga. Maluku yang menjadi tempat untuk seluruh rakyat Indonesia bisa datang secara bebas, untuk menikmati keindahan yang ada, tanpa berpikir latar belakang yang lalu-lalu. Yang lalu sudah berlalu. Mari kita bahu membahu bangun Maluku yang damai. Maluku yang punya wajah untuk memberikan kesejahteraan kepada seluruh rakyat," kata Rektor.

Sementara Pangdam XVI Pattimura menjelaskan, salah satu keinginannya saat ini adalah bagaimana mengawal dan mendukung pembangunan di Maluku agar setara dengan provinsi lain di Indonesia.

Olehnya itu, silaturahmi ini sekaligus bertujuan untuk mendapatkan informasi awal dari pimpinan di IAIN Ambon tentang bagaimana membangun Maluku dari bidangnya masing-masing. Bersama IAIN Ambon misalnya, di bidang pendidikan atau peningkatan sumber daya manusia.

Pangdam mengakui, putra-putri Maluku baik di TNI maupun Polri secara nasional, memiliki bakat dan kemampuan yang luar biasa. Hal ini terlihat dari keberhasilan dan jabatan mereka baik di jajaran TNI maupun Polri, bahkan di bidang lainnya. Kesuksesan putra-putri terbaik Maluku ini, sekiranya dapat menjadi cermin untuk disampaikan kepada generasi Maluku saat ini, agar tidak berhenti untuk belajar meraih cita. (*)

REKTOR IAIN AMBON SILATURAHMI Pangda m XVI Pattimura

Dilihat: 697