OKH IAIN Ambon Sosialisasi Pengisian e-Kinerja BKN untuk ASN

IAINAMBON.AC.ID, AMBON, -- Guna memberikan kemudahan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam membuat dan mengisi e-Kinerja, maka Bagian Organisasi, Kepegawaian dan Hukum (OKH) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon mensosialisasikan Pengisian e-Kinerja Badan Kepegawaian Negara (BKN) kepada ASN di lingkup IAIN Ambon, Rabu, (17/1/24).

Sosialisasi yang melibatkan para dosen, pegawai maupun para pimpinan di lingkup IAIN Ambon yang berlangsung dua hari ini, menghadirkan Statistisi Ahli Muda pada Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal Kementerian Agama, Lilies Suriany SA. S.Sos.,M.IKOM. Lilies membawakan materi; Penggunaan Platform E-Kinerja BKN, Penguatan Pengisian E-Kinerja BKN, dan Penguatan Pengisian E-Kinerja BKN.

Rektor IAIN Ambon, Prof. Dr. Zainal Abidin Rahawarin, M.Si dalam sambutannya menyatakan, kegiatan ini sangat fundamental bagi ASN Kemenag RI termasuk di IAIN Ambon, untuk menyesuaikan dengan aplikasi yang terus diupdate dalam sistem pelayanan kepegawaian.

Lewat pelatihan ini, kata dia, dapat menambah pemahaman dan meningkatkan keahlian para ASN di lingkup IAIN Ambon, dalam mengisi laporan kinerjanya melalui aplikasi E-Kinerja BKN secara online. Sebab, aplikasi ini telah diwajikan untuk digunakan oleh seluruh ASN di lingkup Kemenag RI, termasuk ASN IAIN Ambon.

Sebelumnya, ASN Kemenag RI menggunakan aplikasi Pusaka untuk mengisi laporan kinerja harian. Dan, secara resmi pengisian laporan kinerja di Pusaka dinyatakan telah selesai masa berlakunya sejak Desember 2023. Selanjutnya, pengisian Laporan Kinerja menggunakan aplikasi E-Kinerja BKN, sebagaimana diumumkan di aplikasi Pusaka laporan kinerja.

Menurut Rektor, seluruh ASN di lingkup IAIN Ambon, mulai dari tenaga pendidikan, dosen hingga para pimpinan, memiliki kewajiban untuk mengisi program kerja di E-Kinerja BKN secara mandiri. Sehingga, sosialisasi ini menjadi sangat penting, agar para dosen, tenaga pendidikan, serta para pimpinan di lingkup IAIN Ambon, dapat mengikutinya, dan mempraktekkan cara-cara pengisian.

Apalagi, lanjut Rektor, penggunaan aplikasi E-Kinerja BKN di lingkup IAIN Ambon merupakan hal yang baru. Meski demikian, para ASN di lingkup IAIN Ambon telah menggunakan beberapa aplikasi lainnya yang serupa untuk pengisian Sasaran Kinerja Pegawai (SKP). Misalnya, aplikasi SIEKA, dan sebagainya. Namun, sebagai hal yang baru, maka E-Kinerja BKN belum familiar bagi ASN IAIN Ambon, sehingga penting untuk disosialisasikan kepada seluruh pegawai, dosen dan pimpinan agar mereka dapat memahami cara penggunaannya.

Tak saja cara penggunaannya, lanjut Rektor, tapi juga tentang regulasi hingga diterapkannya E-Kinerja BKN kepada seluruh ASN di lingkup Kemenag RI, termasuk IAIN Ambon.

Rektor berharap, seluruh ASN di lingkup IAIN Ambon yang mengikuti kegiatan ini, dapat memahami dan langsung mempraktekkan pengisian SKP melalui aplikasi E-Kinerja BKN. Hal ini penting, agar para pimpinan dapat bersama-sama melakukan monitoring apa yang dikerjakan oleh ASN, sebaliknya, bawahan dapat mengikuti apa yang direncanakan dan dikerjakan pimpinan untuk kemajuan IAIN Ambon di masa mendatang.

Sesuai kegunaannya, aplikasi E-Kinerja BKN dapat berguna untuk pengelolaan kinerja pegawai ASN, mulai dari penyusunan SKP, penilaian SKP, dan tindak lanjut menjadi lebih mudah, efektif, efisien, dan akuntabel, serta monitoring.

Sosialisasi ini diikuti seluruh pimpinan di kampus IAIN Ambon, mulai dari Rektor, para Wakil Rektor, para Dekan, Direktur Pascasarjana, Wakil Direktur Pascasarjana, para Wakil Dekan, para Kabag, para Kasubbag, para kepala pusat, dosen serta pegawai. (***)

Laporan : Hen554

KEMENAG RI iainambon E-KINERJA BKN BADAN KEPEGAWAIAN NASIONAL SKP

Dilihat: 129