Menag RI Dukung Alih Status IAIN Jadi UIN Ambon

Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin, mengaku siap menerima peningkatan status Institut Agama Islam Negeri (IAIN) menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Ambon. Sebab itu, Menag meminta kepada IAIN Ambon agar segera menyiapkan semua hal ikhawal menyangkut alih status tersebut, dan segera disampaikan kepadanya. Hal ini disampaikan Lukman Hakim, kepada wartawan, usai membuka Konferensi Musik IAIN Ambon, Islam, Music and Peace in Indonesia and Beyond', yang digelar di Gedung Musik IAIN Ambon, Senin, (5/3).
Menurut Menag, intinya apa yang menjadi aspirasi masyarakat Maluku yang telah disampaikan Plt Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua, dan Rektor IAIN Ambon, Hasbollah Toisuta, IAIN Ambon dapat segera menjadi UIN, tentu menjadi keinginan semua pihak. "Dan, sebagai Menteri Agama RI, saya akan memberikan dukungan sepenuhnya selama semua hal ikhawal menyangkut dengan ketentuan dipenuhi oleh IAIN Ambon, agar segera bisa menjadi UIN betul-betul bisa segera dipenuhi." Kata dia, apabila semua persyaratan sudah ada, tentu segera kita akan proses. "Akan kita tindaklanjuti," singkat Menag RI.
Sebelumnya, Rektor IAIN Ambon, Hasbollah Toisuta, dalam sambutannya pada acara ini, menyampaikan langsung kepada Menag RI, bahwa alih status IAIN Ambon menjadi UIN merupakan kebutuhan untuk pembangunan pendidikan di Maluku. Saat ini, IAIN Ambon telah siap untuk beralih tingkat menjadi universitas. Sebab itu, ia berharap agar kiranya Menag RI, dapat segera mengabulkan usaha masyarakat Maluku pada umumnya untuk alih status menjadi Universitas Islam Negeri Ambon.
Senada, disampaikan Plt Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua, bahwa alih status IAIN Ambon menjadi universitas merupakan harga mati yang harus segera ditindaklanjuti. Kata Sahuburua, semua rekomendasi untuk alih status IAIN Ambon menjadi universitas telah diberikan, baik oleh pemerintah provinsi, maupun DPRD Provinsi Maluku. Selanjutnya saat ini, hanya menunggu keputusan dan kebijakan langsung dari Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin. "Biar Bapak Menteri tahu, bahwa memang keinginan kita semua agar IAIN Ambon segera menjadi Universitas," tekan Sahuburua, ketika mengawali sambutannya.
Di hadapan Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, Plt Gubernur Maluku Zeth Sahuburua juga mengisahkan proses alih status STAIN menjadi IAIN Ambon. Di mana, saat itu dirinya menjabat sebagai Ketua DPRD Provinsi Maluku pada tahun 2006, dan saat itu, ia memberikan rekomendasi yang dikawal secara langsung, sehingga alih status tersebut dapat dikabulkan oleh Pempus. Selanjutnya, di akhir periodenya ini, ia berharap agar Menag RI, dapat juga mengabulkan keinginannya bersama seluruh masyarakat Maluku untuk mengsegerakan alih status IAIN Ambon menjadi Universitas Islam Negeri Ambon. "Apakah saudara-saudara setuju agar bapak Menteri segera menjadikan IAIN Ambon menjadi universitas Islam," sambut Sahuburua, sembari mengajak seluruh hadirin untuk mengaminkan, di hadapan Menteri Agama RI. (***)

Dilihat: 219