LP2M IAIN Ambon Gelar Workshop Pengenalan OJS 3

HUMAS, AMBON, --- Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon menggelar Workshop Pengenalan Sistem Open Journal System (OJS) 3, kepara para pengelola Jurnal di lingkup IAIN Ambon.

Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Ambon, Prof. Dr. Adam Latuconsina, M.Si ini berlangsung di Ruang LP2M Lt III Gedung Rektorat, Senin, 3 Juni 2023.

Wakil Rektor I, Prof. Dr. Adam Latuconsina, M.Si menyatakan, dengan adanya perubahan sistem dari OJS 2 ke OJS 3, para pengelola jurnal harus memahami dan memanfaatkan fitur-fitur baru untuk meningkatkan manajemen jurnal khususnya yang ada di IAIN Ambon. Sebab, jurnal merupakan salah satu wadah akademik berbasis ilmiah milik perguruan tinggi yang dapat diperkenalkan secara nasional, bahkan internasional.

Kiranya, lewat kegiatan ini, para peserta dapat menangkap dan memahami peran mereka lebih dalam khususnya untuk pengelolaan jurnal yang lebih baik di masa mendatang.

“Workshop ini sangat penting karena akan memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola jurnal menggunakan sistem OJS 3 yang lebih modern dan efisien,” harap Adam.

Sementara Ketua LP2M IAIN Ambon, Dr. Abdillah dalam laporannya menyatakan, kegiatan ini akan melibatkan para narasumber yang memiliki pengetahuan dan kompeten di bidang pengelolaan jurnal.

Mereka di antaranya; Yazid Hady, M.Pd dari UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, dan Sadam Husein, M.Pd.I dari IAIN Ambon. Kegiatan ini melibatkan peserta sebanyak 18 orang, yang merupakan pengelola Jurnal.

Salah satu alasan penting diadakannya kegiatan ini, karena terdapat perubahan fitur pada update OJS 3 yang harus lebih dipahami oleh peserta. Selain itu, untuk mengejar peringkat akreditasi jurnal.

"Perubahan ini penting untuk memenuhi standar akreditasi yang lebih tinggi dan memastikan jurnal kita terindeks di pangkalan data internasional seperti Scopus dan Sinta," jelas Abdillah. (AL)

  • Reporter : Adit
    Fotografer :Titin

IAIN AMBON LP2M IAIN AMBON jurnal SINTA OJS3 SCOPUS INDEKS

Dilihat: 81