LP2M IAIN Ambon Gelar Seminar Proposal Penelitian Kompetitif Tahun 2022

IAIN AMBON, -- Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon menggelar Seminar Proposal Penelitian Kompetitif Dosen Tahun 2022. Seminar Proposal ini secara resmi dibuka oleh Rektor IAIN Ambon, Dr. Zainal Abidin Rahawarin, M.Si, di Lt II Ruang Rapat Senat, Rabu, 1 Desember 2021.

Seminar Proposal yang menghadirkan peserta dari unsur dosen peneliti ini akan berlangsung hingga tanggal 3 Desember 2021.

Rektor IAIN Ambon, Dr. Zainal Abidin Rahawarin saat membuka Seminar ini mengharapkan kepada pihak LP2M agar mengutamakan profesionalisme dan independen selama bertugas mengurus hal ini. Hal ini penting, sehingga hasil penelitian yang didapatkan dari para peneliti, benar-benar sesuai dengan kebutuhan lembaga serta masyarakat secara umum.

Penekanan Rektor ini, sesuai arahan Dirjen yang mengingatkan agar penelitian-penelitian di perguruan tinggi keagamaan, dapat berguna kepada masyarakat, bangsa dan negara. "Saya selalu diingatkan oleh Dirjen, kalau hasilnya itu memiliki manfaat. Jangan hasilnya, untuk usul pangkat. Tapi, hasilnya untuk lembaga dan masyarakat. Para reviewer akan menilai yang memiliki dampak kepada masyarakat secara umum."

Rektor menjelaskan, seluruh tahapan penentuan lolos dengan tidaknya para peneliti, menjadi tanggungjawab dan urusan internal LP2M sesuai mekanismenya, tanpa diintervensi oleh siapapun. Di mana, selain harus sesuai prosedurnya, juga harus transparan dan independen dalam penilaian. Sebaliknya dengan para reviewer.

Untuk menjaga agar proses seleksinya tetap independen, kata Rektor sesuai laporan yang diterima dari Ketua LP2M, seluruh proposal yang dikirimkan kepada para reviewer tidak disertakan dengan namanya. Termasuk, para reviewernya bukan dari IAIN Ambon, tapi semuanya dari luar kampus IAIN Ambon.

"Jangan khawatir, bahwa ini tidak ada sedikitpun kebijakan intervensi siapapun. Saya akan ikuti, dan saya selalu meminta laporan dari Kapus dan Ketua LP2M. Saya tidak mau, kalau ada nanti ada bahasa-bahasa yang timbul. Kalau turnitinnya diatur. Turnitinnya tidak beres. Cari turnitin lain lagi. Saya tidak mau seperti itu. Sehingga, betul-betul murni," tegas Rektor.

Terkait objektifitas calon peneliti, kata Rektor, sementara dapat dibuktikan sesuai laporan Ketua LP2M. Di mana, dua Kapus pada LP2M yang ikut seleksi juga tidak lolos. "Mereka yang mengelola, bahkan tidak lolos. Ini jaminan yang dikasih oleh Ketua LP2M kepada saya, sebagai bukti sementara bahwa hal ini berjalan dan dilaksanakan secara independen tanpa intervensi siapapun," kagum Rektor.

Rektor berharap, seluruh tahapan sampai akhir dan keluarnya penetapan peneliti, akan tetap berjalan independen tanpa intervensi siapapun. Hal ini baik untuk lembaga ke depan, sekaligus mendapatkan hasil penelitian yang diharapkan secara nasional. "Sampai saat ini, seluruh reviewer saya sendiri tidak tahu mereka. Saya juga tidak mendapatkan laporan tentang mereka. Hal ini, bagus untuk saya, karena saya tidak mau intervensi dengan semua proses ini. Nanti, kalau ada yang macam-macam, akan kita telusuri," tegas Rektor.

Terkait prosesnya, Kepala Pusat Penelitian dan Penenerbitan (KaPusLitBit) LP2M IAIN Ambon, M. Arief B, menyebutkan, total bantuan Penelitian Berbasis Standar Biaya Keluaran Tahun 2022 yang masuk ke LP2M IAIN Ambon sebanyak 37 judul penelitian. Rinciannya; Penelitian Pembinaan/Kapasitas 10 judul, Penelitian Dasar Program Studi 10 judul, Penelitian Dasar Interdisipliner delapan judul, Penelitian Terapan Pengembangan Nasional tiga judul, Penelitian Pengembangan Pendidikan Tinggi tiga judul, dan Pengabdian kepada Masyarakat Berbasis Program Studi tiga judul.

Adapun tahapannya, dimulai dari, lanjut Arief, validasi proposal sebanyak 79 dengan status pengajuan 59, dan status draft 19. Setelah dilakukan validasi dokumen, 57 dinyatakan lolos, dan tiga ditolak karena salah klaster. Proses selanjutnya pada cek turnitin. Cek turnitin dilakukan untuk memastikan ada tidaknya plagiasi dari proposal yang telah diajukan para peserta. Dari 57 yang dilakukan cek plagiasi, sebanyak 47 lolos dan 10 gagal turnitin. Tahapan berikutnya, penilaian isi proposal dan penilaian presentasi yang dimulai, Rabu, 1 hingga 3 Desember 2021.

47 proposal yang lolos tahapan turnitin dan melaju ke tahapan berikutnya dengan rincian klaster, rinci Arief, 17 proposal penelitian pembinaan/kapasitas, 10 proposal penelitian dasar program studi, sembilan proposal penelitian dasar interdisipliner, empat penelitian terapan pengembangan nasional, empat penelitian pengembangan pendidikan tinggi, dan tiga penelitian pengabdian kepada masyarakat berbasis program studi.

Ia menjelaskan, para reviewer penelitian tahun ini semuanya dari luar IAIN Ambon. Di antaranya dari UIN Raden Fatah Palembang, UIN Mataram, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, hingga IAIN Pontianak. (*)

IAIN AMBON LP2M IAIN AMBON LP2M SEMINAR PENELITIAN SEMINAR PENELITIAN 2022

Dilihat: 189