Khawatir Gempa, Aktifitas Kuliah Masih di Tenda Darurat

IAIN AMBON,- Aktifitas kuliah sebagian besar mahasiswa pada Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon masih berlangsung di tenda darurat yang dibangun oleh pihak kampus. Selain tenda, sejumlah dosen juga lebih memilih mengajar di bawah-bawah pohon yang rimbun nun hijau. Selain untuk menghindari hal-hal yang bakal terjadi ketika adanya gempabumi, juga karena ruang-ruang kelas sangat panas dengan adanya perubahan cuaca sejak beberapa pekan terakhir. Nonton videonya di chanel YouTube IAIN AMBON

Wakil Dekan I Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Ambon, Husin Wattimena menjelaskan, di Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam, tidak hanya aktifitas kuliah, kegiatan-kegiatan pelayanan juga dilakukan di luar ruangan, termasuk ujian akhir studi mahasiswa. Kebijakan ini diambil untuk mencegah adanya korban jiwa setelah terjadi gempabumi tanggal 26 September 2019 lalu, yang menyebabkan salah satu pegawai di kampus hijau itu meninggal dunia.

Husin menyebutkan, kebijakan yang diambil untuk beraktifitas di luar ruangan, yang sudah lebih dari dua bulan terakhir ini, lantaran sampai sekarang masih terjadi gempabumi susulan di Kota Ambon. Tak saja itu, pertimbangan lainnya yang diambil, lantaran beberapa bangunan di IAIN Ambon sudah tampak mengalami keretakan. Sehingga, pihaknya harus tetap mawas diri untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan ketika terjadi gempa. "Memang benar, bahwa ajal dan bencana itu hanya milik Allah Swt semata. Tak ada satupun manusia yang dapat menerka kapan datangnya. Namun, sebagai manusia, kita diberikan akal untuk mawas atau ikhtiar sebagai bagian dari keyakinan kita kepada Tuhan Yang Maha Esa," jelas Husin.

Ia menambahkan, untuk di Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam, disediakan satu tenda darurat untuk aktifitas belajar-mengajar para mahasiswa. Sementara aktifitas ujian dan kerja-kerja para pegawai, dipusatkan di bilik parkiran mobil, yang merupakan ruang terbuka.

Sementara itu, Kabag Umum, Humas dan Publikasi IAIN Ambon, Hamirudin menjelaskan, tenda-tenda darurat telah disiapkan di masing-masing fakultas. Baik itu Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, serta Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Untuk Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam, disediakan satu tenda darurat, ditambah dengan ruang parkir terbuka.

Untuk Fakultas Ushuluddin dan Dakwah serta Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, telah dibangun masing-masing dua tenda darurat. Tenda-tenda darurat itu, dalam pantau Rakyat Maluku di IAIN Ambon, terus digunakan oleh para dosen dan mahasiswa dalam proses belajar-mengajar.

Para dosen mengakui, mereka lebih memilih untuk memberi kuliah di tenda darurat, lantaran dinding pada bangunan kuliah, baik di Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, maupun di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, sudah tampak retak. Sehingga, kuliah di luar ruangan atau di tenda darurat yang sudah disedikan oleh pihak institut, merupakan bagian dari ikhtiar, sekaligus sebagai dukungan agar proses pelayanan kuliah tetap berjalan seperti biasanya, ujar salah satu dosen Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Ambon, Gamar Assagaf. (*)

IAIN AMBON FAKULTAS SYARIAH DAN EKONOMI ISLAM KULIAH

Dilihat: 71