IAIN Ambon Wisudakan 241 Sarjana dan 25 Magister

IAINAMBON.AC.ID, AMBON, -- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon mewisudakan 241 sarjana dan 25 magister, dalam kegiatan Sidang Senat Terbuka Wisuda Sarjana ke-XXV dan Magister ke-XVI periode II dirangkai dengan Dies Natalis ke-XVI, yang berlangsung di Gedung Auditorium IAIN Ambon, Kamis, 29 Desember 2022.

Hadir dalam wisuda tersebut, Dirjen Pendis Kemenag RI, Gubernur Provinsi Maluku, Sekda Maluku, Kakanwil Provinsi Maluku serta Forkopimda Maluku.

Gubernur Maluku Drs. Murad Ismail dalam sambutannya menyatakan, IAIN Ambon sebagai kampus kebanggaan umat Islam di Maluku, diharapkan mampu mengembangkan kemampuan melalui iman dan taqwa, serta ilmu pengetahuan dan teknologi yang saling menyempurnakan sehingga lahir lulusan yang memiliki keunggulan komparatif di bidang masing-masing.

"Saya mengharapkan semua wisudawan dapat mengambil peran dalam proses pembangunan sesuai bidang keilmuan dan potensi yang dimiliki. Jadikanlah diri Anda sebagai pelopor kemajuan masyarakat. Dalam dunia yang semakin kompetitif, kita harus terus belajar dan mengembangkan diri sehingga memperoleh kualitas individu yang lebih baik dalam menjalani kehidupan di masyarakat," kata Gubernur.

Ia menjelaskan sebagaimana pesan al-Qur'an dalam Surat Al-Mujadalah ayat 11 yang terjemahannya; Allah SWT akan meninggikan derajat orang-orang yang beriman dan berilmu. Atas alasan itu, Gubernur mengingatkan para wisudawan untuk tidak berhenti belajar. "Dalam dunia yang semakin kompetitif, kita harus terus belajar dan mengembangkan diri sehingga memperoleh kualitas individu yang lebih baik, dalam menjalani kehidupan di masyarakat," jelas Gubernur.

Gubernur memberikan apresiasi dan dukungan seluruh civitas akademika IAIN Ambon atas perjuangan untuk pengembangan lembaga menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) AM.Sangadji Ambon. "Semoga proses alih status yang menjadi harapan kita semua dapat segera diwujudkan dalam waktu yang tidak terlalu lama," ujar Gubernur.

Sementar Rektor IAIN Ambon, Dr. Zainal Abidin Rahawarin, M.Si dalam Laporan Akademik menyebutkan, wisuda ini diikuti oleh lulusan dari Pascasarjana sebanyak 25 orang, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam sebanyak 55 orang, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah sebanyak 72 orang, serta Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan sebanyak 114 orang.

Rektor juga melaporkan perkembangan dan perubahan akademik serta pembangunan sarana dan prasarana IAIN Ambon sejak dirinya memimpin kampus tersebut. Selain bertambah jumlah program studi dan fakultas, IAIN Ambon kini memiliki tiga program studi dengan akreditasi A. Untuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, hanya menunggu dilantik pimpinannya saja di bulan depan, dan langsung dioperasikan.

Selain perubahan tersebut, juga telah diusulkan program guru besar dengan target lima orang. "Tahun 2022 ini, saya telah menandatangani pengusulan 5 orang dosen yang telah memenuhi syarat administrasi sebagai guru besar.; Dr. Zainal Abidin Rahawarin, dalam Bidang Pemikiran dan Politik Islam. Dr. Hasbollah Toisuta, dalam Bidang Studi Islam, Dr. Abdullah Latuapo, dalam Bidang Bimbingan Konseling islam. Dr. Ismail Rumadan, dalam Bidang Ilmu Hukum, dan Dr. Rizal dalam bidang ilmu biologi."

Hal yang sudah dilakukan pula untuk kesiapan menjadi UIN, yakni membangun kerjasama dengan perguruan tinggi di tingkat lokal, nasional bahkan internasional. Kerjasama dengan pemerintah daerah di sebagian besar kabupaten/kota di Maluku juga telah dilakukan.

Mengakhiri sambutan, Rektor mengajak seluruh civitas dan tamu undangan, agar secara bersama-sama melakukan perbaikan secara terus menerus, dalam memajukan IAIN Ambon. "Selanjutnya, saya ingin menyampaikan selamat dan sukses kepada wisudawan dan wisudawati yang telah mencapai hasil akhir dari studi di IAIN Ambon," ucap rektor mengakhiri dengan berharap agar semua wisudawan dan wisudawati tidak pernah berhenti belajar menjadi insan yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara. "Jagalah selalu nama baik almamater IAIN Ambon dengan senantiasa berakhlaqul kharimah dan beradab yang baik, dan selalu menghiasi diri dengan sifat sifat terpuji seorang cendekiawan muslim." (***)

Editor : Hen554

IAIN AMBON WISUDA DIRJEN PENDIS KEMENAG RI DIRJEN PENDIS

Dilihat: 76