IAIN Ambon Gelar Upacara HAB 76 Tahun Kemenag RI

iainambon.ac.id, - AMBON, -- Keluarga besar Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon menggelar Upacara Peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-76 Tahun Kementerian Agama Republik Indonesia, di halaman parkir Gedung Rektorat IAIN Ambon, Senin, 3 Januari 2022. Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) adalah Rektor IAIN Ambon, Dr. Zainal Abidin Rahawarin, M.Si.

Upacara peringatan hari jadi Kementerian Agama RI ini merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan oleh IAIN Ambon sebagai institusi yang bernaung di bawah Kemenag RI secara nasional.

Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas dalam pidato tertulisnya yang dibacakan Rektor IAIN Ambon, Dr. Zainal Abidin Rahawarin, menjelaskan, sejak dibentuk tanggal 3 Januari 1946 hingga hari ini, Kemenag RI terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu instansi pemerintah, yang mempunyai peran penting dan strategis dalam meningkatkan pemahaman, dan pengamalan ajaran agama serta mewujudkan tatanan kehidupan beragama yang toleran dan ramah bagi semua. Seperti biasanya, peringatan HAB tanggal 3 Januari dicanangkan sebagai Kick Off pelaksanaan program/kegiatan tahun berjalan.

Ia melanjutkan, Kemenag telah hadir sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama, memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan layanannya, dan menjaga Pancasila, konstitusi, dan NRKI untuk tetap dalam jalurnya."

"Ini dibuktikan dengan naiknya Indeks Kesalehan Umat Beragama dari 82,52 pada tahun 2020 menjadi 83,92 pada tahun 2021. Indeks Kerukunan Umat Beragama juga mengalami peningkatan yang semula tahun 2020 sebesar 67,46 menjadi sebesar 72,39 pada tahun 2021. Indeks Kepuasan Layanan KUA meningkat pula dari angka 77,28 pada tahun 2019 menjadi 78,90 pada tahun 2021."

Menag juga mengumumkan kalau kementerian yang dipimpinnya kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan tahun 2020. "Capaian ini menjadi prestasi yang diraih selama lima tahun berturut-turut sejak tahun 2016. Kita semua memahami, prestasi yang telah dicapai oleh Kementerian Agama, merupakan hasil kerja keras dari para perintis dan sesepuh Kementerian Agama serta saudara sekalian. Oleh karena itu, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada segenap Pegawai Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama yang selama ini telah mengabdi dengan tulus dan menjaga martabat, kehormatan, dan kinerja Kementerian Agama."

Di akhir pidatonya, Menag Yaqut Cholil Qoumas mengajak seluruh bawahannya agar terus berbenah untuk meraih, mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang sudah didapatkan selama ini. "Untuk itu, jadikan agama sebagai inspirasi. Jadikan agama sebagai penggerak yang dapat meningkatkan daya kreativitas," tutup Menag sembari mengingatkan agar seluruh ASN tetap menjalankan lima budaya kerja Kemenag RI. (*)

JURNALISTIK Upacara HAB2022 HAB2022 HAB-76 HABKEMENAGRI IAINAMBONHAB

Dilihat: 65