IAIN Ambon Gelar Raker TA 2021

IAIN AMBON, - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon menggelar Rapat Kerja (Raker) Tahun Anggaran 2021, yang dipusatkan di tempat wisata, Pulau Osi, Desa Eti, Kecamatan Seram Bara, Kabupaten Seram Bagian Barat.

Raker yang diikuti seluruh pimpinan, mulai dari tingkat institut, fakultas, pascasarjana, kepala pusat dan pimpinan organisasi kemahasiswaan khusus; Rancana al-Mulk, Resimen Mahasiswa, Mahipala, KSR-PMI, Lembaga Dakwah Kampus Al-Izzah, Lembaga Pers Mahasiswa Lintas, serta perwakilan Dewan Mahasiswa ini, digelar dari tanggal 26 - 28 Februari 2021.

Kegiatan yang digelar selama tiga hari tersebut menghadirkan narasumber, Kepala Dinas PUPR Provinsi Maluku, Dr. Muhamat Marasabessy,S.T., M.Tech, yang menyampaikan materinya via zoom.

Rektor IAIN Ambon, Dr. Zainal Abidin Rahawarin, M.Si di sela-sela Raker ini menjelaskan, Raker IAIN Ambon Tahun Anggaran 2021 yang dilaksanakan di Pulau Osi, Kabupaten SBB ini, merupakan pilihan dari panitia. Pemilihan lokasi kegiatan ini untuk memberikan nuansa baru kepada pimpinan IAIN Ambon dalam menyusun program kerja yang selaras dengan kebutuhan dan kondisi Maluku dalam pembangunan di dunia pendidikan.

"Tujuan kita melakukan Raker di tempat pariwisata ini, untuk merumuskan kegiatan program Tahun 2021 yang berciri ke-Maluku dalam bingkai pendidikan, yang menjawab tantangan dan kebutuhan nasional hingga internasional. Di mana, program yang disusun harus berkualitas untuk mendukung kemajuan pengembangan kampus dan daerah."

Dikatakan Rektor, dengan berada di tempat pariwisata ini, dapat memberikan nuansa segar, ketenangan serta kenyamanan untuk bagaimana melahirkan gagasan atau ide-ide dalam menyusun program IAIN Ambon ke depan.

Terpentingnya lagi, kata Rektor, IAIN Ambon yang selama ini dianggap lebih berhubungan dengan hal-hal yang bersifat pendidikan keagamaan, tanpa mengurangi persepsi masyarakat yang semacam itu, maka kehadiran IAIN Ambon di Kabupaten SBB melalui program Raker ini, akan memberikan nuansa baru yakni publikasi potensi alam dan tempat pariwisata di Maluku kepada masyarakat baik secara lokal, nasional bahkan internasional.

"Kita berharap, lewat kegiatan Raker ini akan menarik masyarakat luar Maluku terutama para investor, untuk dapat berkunjung ke tempat-tempat pariwisata, salah satunya yakni Pulau Osi dengan keindahan alamnya yang begitu baik dan asri ini." Selain itu, kehadiran IAIN Ambon di tengah masyarakat ini sekaligus mendekatkan masyarakat dengan IAIN Ambon, agar masyarakat dapat menitipkan anak-anaknya untuk melanjutkan studi di kampus hijau tersebut.

Lebih jauh, Rektor mengakui, IAIN Ambon saat ini tengah menyiapkan diri untuk bertransformasi menjadi Universitas Islam Negeri. "Dan, Insha Allah, kita berharap bahwa dalam waktu yang tidak terlalu lama, akan menaikkan statusnya dari Institut menjadi Universitas Islam Negeri Ambon. Sehingga lewat Universitas ini, kita dapat membuka program studi program studi dan fakultas-fakultas umum yang berbasis pada potensi sumber daya alam kita yang ada di Maluku."

Rektor menyebutkan, saat ini telah disiapkan desain Fakultas Sains dan Teknologi yang dapat menjangkau potensi alam di Maluku. Rencana usulan fakultas umum lainnya untuk menjemput universitas, yakni Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan. "Mudah-mudahan perencanaan di Raker Tahun 2021 hari ini, kita siapkan perencanaan yang mencakup semua kebutuhan tersebut demi menjawab kondisi masyarakat Maluku di dunia pendidikan," harap Rektor. (*)

Rapat Kerja TA 2021 Rapat Kerja Pulau Osi Raker IAIN Ambon di Pulau Osi

Dilihat: 850