IAIN Ambon Galang Dana untuk Palestina

IAINAMBON.AC.I.D, AMBON, -- Keluarga besar Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon menggelar penggalangan dana untuk membantu warga Palestina, yang kini tengah dilanda konflik kemanusiaan, Kamis, 9 Nopember 2023. 

Aksi Solidaritas untuk Palestina yang diikuti seluruh unsur pimpinan, dosen, pegawai dan mahasiswa ini akan berlangsung selama empat hari ke depan.

Aksi penggalangan dana dimulai dengan orasi yang dibuka oleh Wakil Rektor I IAIN Ambon, Dr. Adam Latuconsina, M.Si dilanjutkan Kepala Biro AUAK IAIN Ambon, Jamaludin Bugis, S.Ag. Tak saja keduanya, sejumlah pimpinan seperti Wakil Dekan III Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, serta para dosen dan mahasiswa turut mengambil bagian dalam orasi dukungan kepada Palestina.

Aksi berlangsung sejak Pukul 08.00 WIT dan berakhir pukul 12.00 WIT. Selain menggalang dana, para orator baik pimpinan, dosen serta mahasiswa mengajak warga kampus untuk memberikan sumbangan, dukungan dan doa kepada warga Palestina, agar dapat segera dibebaskan dari kepungan serangan pasukan Zionis Israel.

Wakil Rektor III, Dr. M. Faqih Seknun menjelaskan, aksi solidaritas penggalangan dana, dan menuntut agar dilakukan gencatan senjatan terhadap warga Palestina ini merupakan seruan langsung dari Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Coumas, kepada seluruh pimpinan PTKN di Indonesia, termasuk IAIN Ambon.

Melalui seruan edaran itu, Rektor IAIN Ambon, Prof. Dr. Zainal Abidin Rahawarin, M.Si kemudian menginstruksikan kepada seluruh pimpinan di lingkup IAIN Ambon agar menggelar Aksi Solidaritas dan Doa Bersama untuk Palestina.

Isi Edaran Menteri Agama RI Nomor SE.12 Tahun 2023 tentang Aksi Solidaritas dan Doa Bersama untuk Palestina; bagi umat Islam melaksanakan kunut nazilah dan salat gaib untuk para syahid. Bagi umat beragama melaksanakan doa bersama sesuai agama masing-masing atau doa bersama lintas agama untuk seluruh korban dan agar bangsa Palestina segera mendapatkan kedamaian, keadilan dan kemerdekaan. Bagi umat beragama memberikan donasi untuk warga Palestina.

Faqih menjelaskan, untuk warga kampus IAIN Ambon akan menggelar aksi solidaritas penggalangan dana ini hingga Selasa, pekan besok. Ia berharap, lewat aksi ini, dapat mengajak masyarakat di Kota Ambon khususnya untuk sama-sama memberikan bantuan kepada warga Palestina. Sumbangan donasi tersebut selanjutnya, sambung Faqih, akan dikumpulkan dan diserahkan kepada Dharma Wanita Persatuan IAIN Ambon untuk dihantarkan langsung kepada Kementerian Agama RI di Jakarta, khususnya pada bidang yang menangani penyaluran bantuan untuk dibawa ke warga Palestina, yang saat ini sedang dilurung bencana kemanusiaan. (***)

IAIN AMBON uinamsa aksi solidaritas bela palestina palestina

Dilihat: 200