IAIN Ambon dan UMY Teken Kerjasama

IAINAMBON.AC.ID, YOGYAKARTA, -- Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, Prof. Dr. Zainal Abidin Rahawarin, M.Si melakukan penandatanganan kerjasama dengan Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Prof. Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P., IPM, ASEAN.Eng yang berlangsung di Ruang Sidang Gedung AR. Fachrudin B Lantai 5, Kampus Terpadu UMY, Selasa, 20 Juni 2023.

Dalam penandatanganan kerjasama ini, Rektor IAIN Ambon didampingi, Wakil Rektor I, Dr. Adam Latuconsina, M.Si., Wakil Rektor III, Dr. M. Faqih Seknun, M.Pd., Direktur Pascasarjana IAIN Ambon, Prof. Dr. La Jamaa, MH.I., Dekan Fakultas Syariah, Dr. H. Anang Kabalmay, MH, Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Dr. Moh. Yamin Rumra, M.Si., Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Dr. Ridhwan Latuapo, M.Pd., Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Dr. Husin Wattimena, M.Si, serta Ketua LP2M IAIN Ambon, Dr. Saidin Ernas, M.Si. 


Hadir mendampingi Rektor UMY, Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Internasional UMY, Prof. Dr. Achmad Nurmandi, M.Sc., Direktur Pascasarjana UMY, Prof. Ir. Sri Atmaja PJNNR, M.Se.Eng., Ph.D.,P Eng., IPU., ASEAN.Eng., Wakil Direktur Pascasarjana UMY, Dr. Zuly Qodir, M.Ag., Dekan FH UMY, Iwan Satriawan, S.H., M.C.I., Ph.D., Dekan FAI, Dr. Syakir Jamaluddin, M.A., Dekan FEB., Prof. Dr. Rizal Yaya, S.E., M.SC., AK-CA., Kepala Lembaga Kerjasama dan Internasional, Fitri Arofiati, S.Kep., Ns., M.A.N., Ph.D., Kepala Lembaga Riset dan Inovasi, Prof. Dr. Dyah Mutiarin, S.IP., M.Si., Kepala Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat UMY, Dr. Ir. Gatot Supangkat, M.P., IPM.

Rektor IAIN Ambon, Prof. Dr. Zainal Abidin Rahawarin, M.Si dalam sambutannya menjelaskan, pilihan IAIN Ambon untuk mengadakan kerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, karena kampus ini merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia, yang memiliki program unggulan. Itulah sebabnya, IAIN Ambon bermaksud mengembangkan kerjasama yang intensif dengan UMY dalam berbagai bidang.

Kerjasama ini misalnya di bidang pengembangan MBKM dan sistem kurikulum yang saat ini menjadi kebijakan nasional. Penelitian kolaboratif dan publikasi bersama di jurnal ilmiah internasional dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi secara berkelanjutan, maupun Program visit and exchange lecture, studi lanjut S3 bagi para dosen, penguji external utk tugas akhir mahasiswa, serta reviewer dan editor karya ilmiah.

Sebelumnya, menurut Rektor, pihaknya juga telah melakukan kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi lainnya di luar Maluku, termasuk Universitas Muhammmadiyah Makassar, Universitas Islam Negeri (UIN) Surabaya, serta UIN Malang, maupun kerjasama internasional dengan perguruan tinggi di luar negeri. Kiranya, kerjasama yang terus dibangun ini, dapat menjadi modal untuk membangun IAIN Ambon yang lebih maju ke depan, terutama saat nantinya beralih menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Abdul Muthalib Sangadji, Ambon.

Sementara Rektor UMY Prof. Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P., IPM, ASEAN.Eng, menyambut positif inisiatif Kerjasama ini, dan berkomitmen melibatkan IAIN Ambon dalam berbagai program yang sudah, dan sedang dikembangkan UMY. Misalnya, kata dia, Summer course dan summer camp yang melibatkan banyak negara. Di mana, mahasiswa IAIN Ambon dalam Prodi terkait dapat seat in di kelas dan program internasional yang dimiliki UMY. Demikian juga international conference, dan pengembangan akademik lainnya.

Ketua LP2M IAIN Ambon Dr. Saidin Ernas, yang menjadi salah satu pejabat yang turut mendapingi Rektor IAIN Ambon menyebutkan, beberapa komitmen yang telah dicapai dalam penandatangan MoU ini, akan ditindaklanjuti oleh unit-unit terkait, guna memastikan beberapa program kerjasama untuk segera ditindaklanjuti dalam bentuk program nyata. Sebut misalnya, terkait publikasi Ilmiah Internasional dalam rangka program akselerasi guru besar di lingkungan IAIN Ambon, pendampingan journal dalam rangka indexasi Scopus dan SINTA. (***)

UIN AMBON UIN kerjasama UMY

Dilihat: 743