IAIN Ambon dan BPJamsostek Maluku Teken MoU

IAIN AMBON, - Pimpinan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon bersama BP Jamsostek Maluku melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama di bidang jaminan sosial ketenagakerjaan. Penandatangan MoU yang dirangkai dengan Sosialisasi Program BPJamsostek berlangsung di Lt II Gedung Student Center IAIN Ambon, Selasa, (29/10/2020).


PENANDATANGANAN PERJANJIAN KERJASAMA

Rektor IAIN Ambon, Dr. Hasbollah Toisuta, M.Ag dalam sambutannya menyambut baik kerjasama antar kedua lembaga. Di mana, sebagai instansi pemerintah, IAIN Ambon perlu meningkatkan kerjasama dengan semua instansi, baik pemerintah maupun swasta, salah satunya dengan BPJamsostek.

Kerjasama ini dapat membuka ruang kepada seluruh pegawai di lingkup IAIN Ambon, untuk segera mendaftarkan diri sebagai peserta Jamsostek. Selama ini, baik dosen maupun pegawai di lingkup IAIN Ambon belum terintegrasi dalam kepesertaan Jamsostek secara kelembagaan. Maka, dari kerjasama ini segera direalisasikan. Sebab itu, penandatanganan MoU yang dirangkai dengan sosialisasi ini melibatkan seluruh unsur pimpinan, mulai dari tingkat institut, fakultas hingga program studi.

Selanjutnya, usai sosialisasi ini, harap Rektor, masing-masing pimpinan memiliki tanggungjawab dan kewajiban untuk mensosialisasikan kepada setiap stafnya, sehingga pada saatnya nanti, Tim BPJamsostek dalam pengintegrasian data kepesertaan Jamsostek di lingkup IAIN Ambon dapat berjalan lancar sesuai yang direncanakan. "Kami di sini memiliki tenaga hingga di atas 4 ratusan orang. Baik itu dosen, pegawai maupun pegawai honor. Kiranya semua bisa masuk dalam kepesertaan Jamsostek."

Penting, kata Rektor, sehingga ketika ada yang sakit atau mengalami kecelakaan kerja dalam bertugas, dapat langsung dilayani dengan jasa BPJamsostek. "Saya tegaskan ini pula, sehingga ketika ada pemotongan di kemudian hari, tidak ada yang bertanya-tanya. Tapi karena telah masuk dalam Jamsostek."

Rektor menyadari, tak satupun orang menghendaki akan mengalami musibah dalam kerja. Namun, sekiranya menjadi peserta Jamsostek, merupakan ikhtiar yang sewaktu-waktu terjadi kecelakaan kerja, para pegawai langsung mendapatkan pelayanan secara prima sesuai standar BPJamsostek. "Sekiranya, kerjasama ini dapat berjalan sesuai harapan dan untuk kemajuan lembaga serta pegawai dan dosen di lingkup IAIN Ambon ke depan," pesan Rektor.

Sementara Kepala BPJamsostek Maluku Alias Muin mengatakan, pihaknya saat ini telah melakukan sinergitas dengan IAIN Ambon untuk perlindungan jaminan sosial bagi para pekerjanya. BPJamsostek tidak hanya untuk pegawai negeri, tapi mencakup seluruh pegawai di lingkup IAIN Ambon, mulai dari dosen, pegawai kependidikan, tenaga kontrak, tenaga honoror, security hingga cleaning service. "Kita memberikan perluasan manfaat bagi tenaga dosen yang berstatus ASN terutama di jaminan kematian, pak rektor juga sudah mendorong ASN di kampus untuk ikuti jaminan sosial tersebut,” kata Muin.(*)

IAIN AMBON MoU IAIN AMBON DAN BPJAMSOSTEK MALUKU MOU JAMSOSTEK KERJASAMA IAIN AMBON

Dilihat: 136