IAIN Ambon Bagikan Ribuan Sembako ke Mahasiswa

IAIN AMBON,- Sebanyak 1.408 paket sembilan bahan pokok (Sembako) yang terdiri dari beras satu karung 5 kg, satu kartun mi instan, susu saset dan makanan ringan yang diterima Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon dari Pemerintah Kota Ambon secara resmi dibagikan kepada mahasiswa, yang berlangsung di Gedung Studen Center, IAIN Ambon, Rabu, 13 Mei 2020.

Proses pembagiannya berlangsung tertib, aman dan lancar. Para mahasiswa yang tidak menggunakan masker saat pembagian, oleh petugas pembagian disuruh kembali untuk memakai masker, baru kemudian dapat dibagikan Sembako.

Penertiban mahasiswa selama proses pembagian Sembako ini dilakukan, demi mematuhi instruksi pemerintah untuk bersama-sama mencegah penyebaran corona di tengah masyarakat.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama (Warek III) IAIN Ambon, Dr. Abdullah Latuoapo, di sela-sela pembagian Sembako kepada mahasiswa mengakui, sedianya Sembako ini sudah disalurkan beberapa waktu lalu. Namun, hal ini kemudian ditahan lantaran jumlah mahasiswa yang mendaftar dan masih berada di Kota Ambon sebanyak 1.408 orang. Sementara bantuan yang disalurkan dari pemerintah setempat kepada IAIN Ambon, tidak mencukupi jumlah tersebut.

Setelah dikoordinasikan kembali kepada Pemkot Ambon, akui Warek III IAIN Ambon yang juga Ketua MUI Provinsi Maluku ini, baru jumlah tersebut dipenuhi pekan, dan langsung dibagikan kepada mahasiswa yang berhak menerimanya.

Pembagian bantuan ini, lanjut Abdullah, sesuai dengan data para mahasiswa yang mereka daftar sendiri di kampus. Hal ini dilakukan guna mengindari adanya protes mahasiswa yang tidak mendapatkan bantuan. Sebab, dari data yang terlaporkan hingga diajukan ke pemerintah setempat, jumlahnya sebanyak 1.408 orang, dan paket bantuan yang diberikan juga sesuai dengan jumlah tersebut.

Bantuan diberikan oleh Pemkot Ambon kepada para mahasiswa IAIN Ambon yang tidak sempat pulang kampung, dan saat ini masih berada di Kota Ambon, akibat adanya pembatasan sosial di daerah Maluku untuk pencegahan Covid-19.

Karena itu, Pemkot Ambon memberikan bantuan melalui pihak lembaga, untuk disalurkan kepada para mahasiswa. Sebagai salah satu pimpinan di lingkup IAIN Ambon, Abdullah menyampaikan banyak terima kasih kepada Pemkot Ambon atas bantuannya. Kiranya, bantuan ini dapat mengurangi beban kebutuhan para mahasiswa IAIN Ambon yang saat ini masih berada di sejumlah tempat-tempat kos maupun tinggal bersama keluarganya, khusus di Kota Ambon. (*)

IAIN AMBON COVID-19 TIM GTPP COVID-19 KOTA AMBON MAHASISWA BANSOS SEMBAKO

Dilihat: 129