Go Internasional, IAIN Ambon Kantongi Tiga Maba Asal Thailand

IAINAMBON.AC.ID, HUMAS, AMBON, -- Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, Prof. Dr. Zainal Abidin Rahawarin, M.Si menerima dan menyerahkan tiga mahasiswa baru (Maba) IAIN Ambon asal Negara Thailand kepada para dekannya. Penyerahan tiga mahasiswa asal Thailand ini berlangsung di Ruang Aula Lt III Gedung Rektorat IAIN Ambon, Senin, 4 September 2023.

Tiga mahasiswa asal Thailand yang selanjutnya akan kuliah di IAIN Ambon Tahun Akademik 2023/2024 ini adalah, Mu Aweeya Musor, Program Studi Hukum Keluarga Fakultas Syariah, Manasree Chemam, Prodi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah, dan Hasan Kuning, Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FITK).

Rektor, Prof. Dr. Zainal Abidin Rahawarin, M.Si menyambut hangat kedatangan tiga mahasiswa asal Thailand yang akan menimba ilmu S1 di IAIN Ambon selama empat tahun ke depan. Kini, empat mahasiswa tersebut menempati Gedung Training Center IAIN Ambon. Tak saja Rektor, tiga mahasiswa ini disambut seluruh unsur pimpinan dan pegawai yang ada di kampus IAIN Ambon, berlangsung di Aula Lt III Gedung Rektorat.

Masuknya tiga mahasiswa asal Negara Thailand ini, merupakan kelanjutan dari kerjasama antara IAIN Ambon dengan Universitas Muhammadiyah Makassar. Selanjutnya, akan menyusul calon mahasiswa lainnya dari beberapa negara di Asia, termasuk Jepang dan Singapura, atas kerjasama dari IAIN Ambon dengan UMM.

"Kami sangat berterima kasih sekali kepada jajaran pimpinan Universitas Muhammadiyah Makassar yang dengan sangat luar biasa memberikan pelayanan terbaik kepada kami, terutama dalam kerjasama internasional lewat mahasiswa asing ini," kata Zainal.

Tiga mahasiswa asal Thailand ini, akan menempuh pendidikan S1 di IAIN Ambon dengan biaya dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). "Akhirnya, hari ini dapat terwujud dengan hadirnya 3 orang mahasiswa asing yang baru pertama kali di IAIN Ambon, dan bahkan mungkin pertamakali pada perguruan tinggi di seluruh Maluku untuk mahasiswa asal luar negeri," bangga Rektor.

Rektor berharap, hadirnya tiga mahasiswa asing ini dapat memberikan nilai tambah pada IAIN Ambon. dan memberikan motivasi kepada perguruan tinggi lain di Maluku, untuk segera berkolaborasi dengan berbagai macam perguruan tinggi yang ada di luar negeri, untuk menghadirkan lebih banyak mahasiswa asing di Kota Ambon dan Maluku pada umumnya.

Menyambut keberadaan tiga mahasiswa asal Thailand ini, Rektor meminta kepada seluruh unsur pimpinan, pegawai dan dosen agar kiranya dapat memberikan pelayanan prima. Sebab, pembelajaran yang harus diterima oleh ketiga mahasiswa asing ini, sudah berstandar internasional, yang tentu harus diterapkan pula di seluruh program studi yang memiliki mahasiswa asing ini.

"Sekali lagi saya berharap Ketua Prodi dan fakultas yang di dalamnya kita titipkan mahasiswa asing ini, harus diperlakukan sebaik mungkin karena komunikasi ini adalah hubungan antar negara. Komunikasi internasional, bukan lagi lokal atau nasional. Suka atau tidak, kita akan membangun citra IAIN ini melalui kehadiran mereka bertiga. Jangan sampai, sikap kita menunjukkan prilaku yang tidak mencerminkan kerjasama internasional, atau menimbulkan citra yang tidak baik bagi negara Thailand. Saya harap, pelayanan terbaik, pelayanan maksimal harus diberikan kepada ketiganya, dan seluruh mahasiswa di kampus ini. Kehadiran ketiganya ini, sekaligus akan melancarkan upaya kita beralihstatus menjadi Universitas Islam Negeri Abdul Muthalib Sangaji, Ambon. (***)

* Reporter : Yusuf Samanery
* Editor : Hen554
* Admint : Am54
* Fotografer : Aditya & Husen

IAIN AMBON MABA UIN uinamsa THAILAND

Dilihat: 357