DWP IAIN Ambon Ikut Webinar Nasional DWP Kemenag RI

iainambon.ac.id, - Ketua dan Pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Institut Agama Islam Negeri Ambon mengikuti Webinar Nasional dengan tema 'Mengelola Fikiran & Perasaan Positif untuk Menjadi Perempuan Berdaya dan Bahagia', yang diselenggarakan DWP Kementerian Agama Republik Indonesia secara virtual zoom, Kamis, (26/8/2021).

dr Aisah Dahlan

Kegiatan yang menghadirkan pembicara tunggal, dr Aisah Dahlan, CHt, CM.NNLP ini dibuka oleh Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas. Webinar Nasional ini diikuti seluruh pengurus Dharma Wanita Persatuan di bawah Kementerian Agama RI di Indonesia, yang berjumlah kurang lebih 700 peserta. Acara ini merupakan salah satu kegiatan Gebyar HUT RI ke 76 yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI dan juga disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube DWP Kemenag RI.

Yaqut Cholil Qoumus mengapresiasi kegiatan Webinar Nasional yang diselengarakan DWP Kemenag RI. Baginya, tema dari kegiatan ini tergolong rumit, karena berkaitan dengan perasaan manusia terutama kaum perempuan.

Sambutan Menag pada Webinar Nasional DWP Kemenag RI

"Webinar Nasional yang bertema sangat sulit ini menarik, karena menegaskan adanya keinginan perempuan untuk ikut serta dalam pembangunan bangsa, dimulai dari dalam diri perempuan sendiri."

Webinar Nasional ini menjadi lebih penting, mengingat masih banyak orang bahkan dari para perempuan sendiri yang memandang dan menempatkan mereka sebagai konco wingking atau mitra pendukung di belakang laki-laki.

Ia mengakui, perempuan merupakan salah satu kunci suksesnya pembangunan. Sebab itu, perempuan sepatutnya terus meningkatkan pengetahuannya, karena perempuan menjadi garda terdepan dan tumpuan bagi suami dan keluarga, bangsa serta negara.

Sambutan Penasihat DWP Kemenag RI, Eny Rerno Yqut Cholil

Cholil lalu mencontohkan Perdana Menteri Inggris Margaret Hilda Thatcher, yang menjadi salah satu contoh perempuan sukses yang bisa melampaui batas-batas wilayah. Margaret Hilda Thatcher mampu menarik empati masyarakat dengan kemampuan, kecerdasan dan pengalamannya, sehingga dapat mengangkat derajat kaum perempuan di negara tersebut. Ia berharap, keberadan DWP Kemenag RI dapat menjadi motor penggerakan untuk pembangunan bangsa dan negara, terutama menjaga sinergisitas kerukunan antar umat beragama di negeri ini.

Sementara Penasihat DWP Kemenag, Eny Retno Yaqut Cholil dalam sambutannya menjelaskan, sesungguhnya faktor penting untuk peradaban bangsa adalah kemajuan perempuan. Olehnya itu, kewajiban pemerintah yang pertama ialah meningkatkan kesadaran budi perempuan. Mendidiknya. Memberi pelajaran kepada-nya. Menjadikan mereka sebagai ibu dan pendidik yang cakap dan cerdas.

"Sejak berabad yang lalu perempuan Indonesia telah turut berkontribusi aktif memperjuangkan hak-hak kaumnya. Menyuarakan pendapat mereka. Menentang penjajahan serta ketidakadilan dan diskriminasi kolonialis. Sejarah juga telah mencatat bahwa fakta sosio-religius sikologis, perempuan Indonesia umumnya merupakan figur sentral dalam pendidikan moral anak dan keluarga. Perempuan Indonesia memiliki multi yang tidak diragukan lagi, baik sebagai diri sendiri sebagai ibu sebagai istri, sebagai profesional memiliki karakter yang lembut," urai Eny Retno, panjang.

Terkait kegiatan ini, Ketua DWP IAIN Ambon, Saut Rahawarin mengaku bangga dapat terlibat langsung sebagai peserta beserta pengurusnya. Meski diselenggarakan secara virtual, namun tidak menghilangkan substansinya untuk memberikan pemahaman kepada mereka sebagai pengurus DWP Kemenag RI.

Di mana, kata Saut, lewat kegiatan ini mereka lebih paham tentang peran seorang perempuan yang mendampingi suaminya di dunia kerja, terutama lembaga atau organisasi pemerintah. Selain memiliki tugas dan peran sebagai ibu rumah tangga, tugas utama mereka juga mendampingi para suaminya, yang mengabdi untuk bangsa dan negara secara ikhlas, serta membangun birokrasi pemerintahan yang baik lebih dan berkemajuan lewat peran DWP. (*)

  • Reporter: Reporter : Husain Sumallo, Asril Tombalissa, Trio Emlamera

DWP IAIN Ambon DWP KEMENAG RI SEBINAR NASIONAL dr Aisah Dahlan

Dilihat: 270