DWP IAIN Ambon Gelar Khitanan dan Pengobatan Gratis

IAINAMBON.AC.ID, HUMAS, AMBON, -- Dharma Wanita Persatuan (DWP) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon didukung oleh Penasehat DWP Provinsi Maluku, Widya Pratiwi Murad menggelar kegiatan Khitanan Massal dan Pengobatan Gratis, yang dipusatkan di Gedung Training Center IAIN Ambon, Sabtu - Minggu, 1 - 2 Juli 2023.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Gubernur Maluku, Irjen Pol (Purn) Drs. Murad Ismail, Penasehat DWP Maluku yang juga Ina Latu Maluku, Widya Pratiwi Murad, Rektor IAIN Ambon, Prof. Dr. Zainal Abidin Rahawarin, M.Si, Ketua DWP IAIN Ambon, Saut Rahawarin, Sekretaris Daerah Maluku, Ir. Sadali Ie, Ketua DWP Provinsi Maluku, Nita Sadali, Wakil Ketua Tim Ina Latu Peduli Kesehatan (Ina Latu Malika), Meikyal Pontoh, serta masyarakat lingkar kampus dan civitas IAIN Ambon.

Usai menghadiri acara pembukaan di gedung Auditorium, Gubernur, Ina Latu Maluku, Rektor IAIN Ambon, Ketua DWP IAIN Ambon beserta pimpinan lainnya menyaksikan kegiatan Khitanan dan Pengobatan Gratis, yang terpusat di Lt I dan II Gedung Training Center IAIN Ambon.

Ikut dalam kegiatan Khitanan Massal dan Pengobatan Gratis ini adalah warga masyarakat yang berada di seputaran kampus IAIN Ambon, Negeri Batumerah, Kecamatan Sirimau.

Warga sangat antusias mengikuti kegiatan ini, yang dibuktikan dengan jumlah peserta pendaftar kedua kegiatan mencapai 630 orang. Terdiri dari, 138 untuk khitanan, dan sisanya menjalani pemeriksaan dan pengobatan kesehatan secara gratis, dengan rincian; 125 orang memeriksa kesehatan pada dokter ahli dalam, 90 orang pemeriksaan gigi, 118 orang pemeriksaan kesehatan dengan dokter umum, 131 orang pemeriksaan mata, dan 28 pemeriksaan kesehatan dengan dokter anak.

Rektor IAIN Ambon, Prof. Dr. Zainal Abidin Rahawarin, M.Si dalam salah satu penggalan sambutannya menyatakan, jiwa dari pemimpin adalah mencintai orang lain dan mencintai berarti konsekuensinya adalah harus siap berkorban. Demikian sambutan Rektor ini menggambarkan kecintaan Gubernur Maluku, Murad Ismail dan Ina Latu Maluku, Widya Pratiwi Murad, yang begitu dekat dengan masyarakat, termasuk IAIN Ambon dalam setiap even.

Kata Rektor, syarat mutlak bagi seorang pemimpin untuk memiliki kesediaan berkorban yang didorong rasa cinta terhadap sesamanya yang didasari cinta kepada Allah SWT. Hal tersebut, tergambar pula dalam nuansa perayaan Idul Adha 1444 H/2023 M, yang baru saja dilaksanakan oleh masyarakat Islam di seluruh dunia.

"Mari kita balas cinta kasih beliau berdua Bapak Gubernur dan Ibu, dengan doa yang tulus. Semoga Bapak H. Murad İsmail dan Ibu Widya selalu memperoleh lindungan Allah SWT, diberkahi dengan rahmat, dan karunia dengan kehidupan yang baik, dan bermanfaat kepada masyarakat dan umat, khususnya di Maluku ini." Rektor kemudian mengutip salah satu ayat di dalam al-Quran yang artinya. "Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri, dan jika kamu berbuat jahat, maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri".

Sementara Ketua DWP IAIN Ambon, Saut Rahawarin, dalam laporannya menyatakan, Khitanan dan Pengobatan Gratis ini merupakan rangkaian dari kegiatan Syukuran Idul Adha 1444 H/2023. Di mana, beberapa hari kemarin, DWP IAIN Ambon mengkurbankan enam sapi. Enam sapi tersebut didapatkan lewat usaha Pengurus dan anggota DWP IAIN Ambon, dan satu ekor bantuan dari Gubernur Maluku, Murad Ismail atas nama Pemda Maluku.

Daging sapi yang sudah dikolokan ke dalam kantong kresek, selanjutnya dibagi kepada warga di seputaran kampus IAIN Ambon, baik mahasiswa maupun masyarakat umum, serta kepada dosen dan pegawai yang membutuhkannya.

Lewat momentum berbahagia ini, Saut menyampaikan terima kasih kepada Gubernur dan Ina Latu Maluku, serta Pemda Maluku yang tak henti-hentinya memberikan dukungan dalam pembangunan IAIN Ambon, termasuk pula dalam mensukseskan kegiatan Khitanan dan Pengobatan Gratis ini. Ia berdoa, Maluku bersama Murad dan Widya, selalu dalam kemajuan di semua bidang, termasuk pula bidang kesehatan dan pendidikan.

Ia berharap, kegiatan ini dapat menjadi agenda rutin pengurus DWP IAIN Ambon, sebagai wujud kepedulian kampus ini kepada masyarakat, tidak hanya dalam bidang pendidikan, tapi juga bidang kesehatan, sosial dan budaya.

Saut mengakhiri sambutannya dengan membacakan pantun, yang kemudian dibalas oleh Ina Latu Maluku, Widya Pratiwi Murad dan Gubernur Maluku, Murad Ismail, dalam sesi akhir sambutan masing-masing. (***)

DWP IAIN Ambon Raker DWP IAIN Ambon DWP MALUKU KHITANAN PENGOBATAN GRATIS

Dilihat: 555