Civitas IAIN Ambon Gelar Upacara Hari Pancasila 2024

HUMAS, AMBON, --- Civitas akademika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon menggelar Upacara Peringatan Hari Pancasila 2024, yang berlangsung di halaman parkir Gedung Auditorium IAIN Ambon, Sabtu, 1 Juni 2024. Upacara diikuti para pimpinan, pegawai, dosen dan perwakilan mahasiswa.

Upacara ini digelar dengan Inspektur, Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan IAIN Ambon, Prof. Dr. Adam Latuconsina, M.Si, dengan Pemimpin Upacara, mahasiswa Program Studi HPI, Ode Fadly Amanto. Sementara Pengibar bendera Merah Putih; mahasiswa Prodi BKI, Wahyudin Rahadat, mahasiswa Prodi PMH, Zattia Tusania Anggoda, dan pegawai Ma'had IAIN Ambon, La Jalonto Batuatas M.Pd.

Peringatan Hari Pancasila 2024 ini mengusung tema, "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045".

Wakil Rektor I, Prof. Dr. Adam Latuconsina, M.Si, dalam amanat tertulis Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI, Yudian Wahyudi menyatakan, tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan masyarakat dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa, dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Dikakatakan, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa, agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara.

"Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional "Bhinneka Tunggal Ika".

Ia mengajak komponen bangsa untuk membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

"Sebagai meja statis, Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini, Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar. Sedangkan sebagai leitstar dinamis, Pancasila merupakan bintang penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi sekarang ini."

"Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia. Selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa Pancasila, kita juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia," pesan Prof. Adam.

Sebagai penutup, Adam mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni.

"Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia," tutup Prof. Adam membacakan sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI, Yudian Wahyudi. (AL)

IAIN AMBON ptkin Upacara HARI PANCASILA UM-PTKIN_2024

Dilihat: 140