Civitas IAIN Ambon Apel HAB ke-78 Kemenag dan Pameran Expo

IAINAMBON.AC.ID, AMBON, -- Civitas Akademika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon menggelar Apel Akbar memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) ke-78 tahun Kementerian Agama (Kemenag) RI di halaman Parkir Gedung Auditorium IAIN Ambon, Rabu, 3 Januari 2024. Bertindak sebagai Pembina Apel Rektor IAIN Ambon, Prof. Dr. Zainal Abidin Rahawarin, M.Si.

Puncak Apel Akbar HAB ke-78 Kemenag RI di IAIN Ambon ini, dirangkai juga dengan kegiatan Pameran Expo Inovasi, Kreasi dan Prestasi IAIN Ambon.

Rektor IAIN Ambon, Prof. Dr. Zainal Abidin Rahawarin, dalam sambutan tertulis Menteri Agama RI, mengajak kepada seluruh ASN Kemenag termasuk di lingkup IAIN Ambon, untuk meningkatkan spirit layanan kepada seluruh umat beragama.

"Indonesia Hebat Bersama Umat adalah tema yang kita usung pada HAB ke-78. Ini bermakna bahwa, kita harus membersamai umat untuk menuju Indonesia yang hebat. Wujud dari membersamai umat ini adalah dengan memberikan layanan yang sebaik-baiknya kepada seluruh umat beragama."

Dikatakan, ASN tak boleh berhenti untuk memberikan pelayanan kepada umat. Sehingga, birokrasi melayani harus terus ditingkatkan. "Kita layani umat dengan senang hati, riang gembira, dan penuh pengabdian. Jadikan pelayanan umat ini sebagai “panggilan hati”, bukan semata kewajiban birokrasi. Jika pelayanan umat ini dilandasi sebagai panggilan hati, maka saya yakin dan percaya akan terwujud birokrasi yang inklusif, transparan, dan berdampak. Kita akan betul-betul bersama umat, yang berujung pada Indonesia Hebat," pesan Rektor dari sambutan tertulis Menag RI.

Ia mengingatkan kepada ASN untuk menjaga diri, keluarga, dan masyarakat sekitar di tengah tahun politik ini. "Bagi ASN Kementerian Agama, jagalah netralitas sesuai dengan ketentuan perundangan. Dengan balutan netralitas itu, saya meminta kepada ASN Kementerian Agama untuk membantu menciptakan suasana kondusif di tengah masyarakat. Mari kita kawal pemilihan umum ini dari potensi penggunaan politik identitas, terutama identitas keagamaan. Kampanyekan kepada masyarakat untuk tidak menggunakan politik identitas karena madharat-nya sangat besar dan dapat berujung pada disintegrasi bangsa. Jadikan pemilihan umum sebagai agenda yang penuh riang gembira dan suka cita."

Rektor juga berpesan kepada seluruh ASN di IAIN Ambon agar terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, terutama kepada para mahasiswa yang sedang menimba ilmu di kampus ini. Khusus kepada Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, serta Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, agar terus merangkul para mahasiswa untuk mendapatkan pembinaan yang lebih baik, sehingga para mahasiswa dapat mencapai prestasi akademiknya dengan sukses, baik di tingkat nasional maupun internasional.

"Warek 3 dan Wadek 3, saya minta untuk mendampingi para mahasiswa. Ajak dan bergaul dengan mereka lebih dekat lagi, sehingga anak-anak ini bukan hanya sekedar mendapat ilmu di ruang kelas saja, tapi juga mendapatkan pengalaman di lapangan. Jangan tidur saja dan jangan menjauh dari anak-anak. Kita berikan bimbingan dan layanan terbaik, agar kelak mereka menjadi agen-agen perubahan di masyarakat yang sesuai dengan harapan kita," tutup Rektor sembari berharap, pembangunan dan perubahan di 2024 lebih baik di tahun kemarin.(***)

*** Hen554

Foto : Husen Samallo & Aditya Badrun

IAIN AMBON KEMENAG RI HAB78

Dilihat: 186