Alih Tugas Jabatan Ketua DWP IAIN Ambon

IAIN AMBON,- Jabatan Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon resmi dialihtugaskan dari Ny. Ariyani Toisuta kepada Ny. Saut Rahawarin, yang digelar dengan rangkaian silaturahmi Ketua DWP IAIN Ambon Periode 2012-2020 ke Periode 2020-2024 di Lt II Gedung Studen Center IAIN Ambon, Senin, 16 November 2020.

Rektor IAIN Ambon, Dr. Zainal A. Rahawarin, M.Si, dalam sambutannya mengapresiasi kinerja Ketua dan Pengurus DWP IAIN Ambon periode 2012-2020. Kebanggan Rektor setelah mendengar keberhasilan Pengurus DWP IAIN Ambon yang dipaparkan Ketua DWP IAIN Ambon periode 2012-2020, Ny Ariyani Toisuta, dengan membentuk lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), yang tidak saja dibentuk tapi juga berhasil mendapatkan predikat akreditasi dengan nilai B.

Bagi Rektor, keberhasilan dalam akreditasi PAUD ini, menjadi catatan penting kepada seluruh Program Studi di IAIN Ambon, agar lebih maksimal memacu kegiatan yang bermuara kepada pengembangan akreditasi. Sebab, diketahui masih terdapat beberapa program studi di IAIN Ambon dengan nilai akreditasi C. "Hal ini menjadi pelajaran untuk kita semua. PAUD-nya didirikan, kemudian diakreditasi B. Sebuah program kerja yang akreditasinya itu hampir melampaui program kerja fakultas kita di lingkup di sini, yang kebanyakan akreditasinya C," ingat Rektor.

Rektor mengaku bangga dengan keberadaan dan keberhasilan DWP IAIN Ambon yang banyak membantu pengembangan pendidikan di lingkup IAIN Ambon, selain memberikan dukungan kepada para suaminya yang bertugas.

Kata Rektor, keberadaan DWP akan terus menjadi perhatian bersama di tengah kemajuan kampus tersebut. Ke depan, apabila ada ruang untuk anggaran yang menopang program DWP, maka akan disiapkan dan diberikan langsung melalui DIPA IAIN Ambon. Sehingga, kegiatan yang telah diprogramkan oleh DWP untuk membantu dan mendukung kemajuan IAIN Ambon, benar-benar dilaksanakan secara profesional, dan terutama untuk melanjutkan dan mempertahankan program kepemimpinan sebelumnya.

"PAUD yang sudah dibentuk oleh pengurus kemarin, harus menjadi perhatian kita bersama untuk dikembangkan. Sebab, dalam lingkup keilmuan bangsa adalah melahirkan generasi terdidik. Generasi ilmiah. Generasi ilmiah itu harus terstruktur mata rantai pendidikannya, mulai dari PAUD, TK, SD hingga perguruan tinggi. Sebab itu, PAUD akan tetap menjadi perhatian kita bersama untuk terus dikembangkan ke arah yang lebih baik."

Beberapa program lainnya lainnya yang sudah dilaksanakan Pengurus DWP IAIN Ambon, mulai dari pengembangan sumber daya manusia, pengembangan ekonomi, budaya dan sosial, akan terus menjadi perhatian bersama. Prinsifnya, seluruh program yang dapat mendukung kemajuan bangsa dan negara, terutama peningkatan sumber daya manusia, harus mendapatkan perhatian dan dukungan.

Bagi Rektor, lembaga apapun yang ada di kampus ini, termasuk DWP IAIN Ambon, harus ditopang bersama-sama. Sebab, tanpa dukungan bersama maka program yang telah disiapkan akan berjalan tidak normal. "Prinsifnya, selama kegiatan untuk kebaikan bersama harus didukung."

Rektor berharap, seluruh dosen dan pegawai dapat terus meningkatkan kerjasama untuk membangun kekuatan yang sinergis dalam menuju sukses, terutama melanjutkan apa yang sudah dirintis oleh Dr. Hasbollah Toisuta, dalam menjadikan kampus tersebut ke Universitas Islam Negeri.

Sebab itu, harus ada perubahan dari semua aspek, termasuk perubahan dari pengurus DWP IAIN Ambon dengan membumikan budaya universitas. "Baik sebagai pribadi maupun sebagai Rektor, saya sangat berharap bantuan ibu-ibu, baik sebagai dosen maupun sebagai pendamping suaminya, untuk sama-sama bekerja dalam mewujudkan apa yang sudah dirintis atau dilaksanakan oleh kepemipinan lalu," harap Rektor.

Sementara itu, Ketua DWP IAIN Ambon periode 2020-2024 Ny Saut Rahawarin, dalam kesempatan ini sangat berharap adanya dukungan dari semua pihak dalam memajukan IAIN Ambon pada umumnya, dan DWP pada khususnya. Sebab, bagi Ny Saut, di balik keberhasilan seorang suami, terdapat kekuatan dan dukungan seorang isteri baik doa maupun ketulusannya.

Ny. Saut menyampaikan penghargaan kepada Ny Ariyani Toisuta, atas prestasi yang sudah diraihnya bersama DWP IAIN Ambon sejak tahun 2012 hingga perpindahan tugas tersebut. Ia berharap adanya dukungan seluruh pengurus dan anggota DWP IAIN Ambon untuk merumuskan program dan kegiatan yang berdampak positif kepada masyarakat.

Sebelumnya, Ketua DWP IAIN Ambon periode 2012-2020, Ny Ariyani Toisuta, dalam laporannya menguraikan beberapa program yang sudah dirintisnya. Salah satunya, tentang keberadaan PAUD tersebut. Sekiranya, harapan Ariyani, apa yang sudah dirintis dan dianggap baik untuk kemajuan IAIN Ambon dapat terus ditingkatkan. Beberapa program tahunan lainnya yang kerap diadakan oleh DWP IAIN Ambon seperti, acara buka puasa bersama setiap ramadhan, perayaan Hari Raya Idul Qurban, pendidikan dan pelatihan kepada anak usia dini, serta sejumlah program lainnya yang tidak sempat diuraikan, termasuk kerjasama lintas DWP di daerah ini. Secara terstruktur, program yang dirancang itu terbagi dalam tiga bidang, yakni bidang pendidikan, bidang sosial dan budaya serta bidang kerjasama. (*)

IAIN AMBON DHARMA WANITA IAIN AMBON dharma wanita persatuan alih tugas dharma wanita

Dilihat: 38