75 Dosen & Pegawai Dilatih Kuasai Aplikasi Siakad Cloud

IAIN AMBON,- GUNA memperkuat pelayanan administrasi berbasis olnine menggunakan aplikasi Sistem Informasi Akademik (Siakad) Cloud, maka sebanyak 75 pegawai dan dosen di lingkup Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon mengikuti workshop penggunaan aplikasi Siakad Cloud. Workshop yang digelar selama dua hari itu, dibuka oleh Wakil Rektor I, Dr. Mohdar Yanlua, atas nama Rektor IAIN Ambon, di ruang PTIPD IAIN Ambon, Sabtu, 16 November 2019.

Mohdar dalam sambutannya berharap, para peserta workshop dapat menguasai materi yang akan disampaikan oleh Narasumber, sehingga target untuk mengoptimalisasi pelayanan administrasi perkuliahan secara online dapat dijalankan secara baik. Terkhususnya untuk para dosen yang menjadi peserta, Warek I, menjelaskan, kegiatan ini sangat penting guna memudahkan para tenaga pengajar dalam melaksanakan aktifitas belajar-mengajar. Sebab, pada aplikasi ini telah disediakan berbagai kemudahan pelayanan administrasi untuk para dosen dalam mengajar. Sebut misalnya, untuk absen dan kontrol mengajar para dosen yang sedianya cukup dibuatkan secara online, tanpa harus menunggu absen manual yang diberikan oleh masing-masing program studi.

Kalau semua dosen sudah dapat memahami dan menggunakan aplikasi Siakad Cloud, maka ke depan proses pelayanan di kampus hijau itu akan semakin membaik. Tentu, kata dia, membutuhkan pelatihan secara intens untuk terus memahami aplikasi ini.

Sementara untuk para pegawai, Mohdar menegaskan, lewat workshop ini, mereka akan lebih lincah dan seragam dalam menyusun administrasi di lingkup IAIN Ambon, mulai dari tingkat institut, fakultas hingga program studi. Kalau sistem pelayanan berbasis online sudah berjalan dengan baik di IAIN Ambon, niscaya, program akreditasi dan revitalisasi alih status kampus hijau itu menjadi universitas segera terwujud.

Sementara itu, Kabag Administrasi Umum, Akademik dan Kemahasiswaan IAIN Ambon, selaku Ketua Panitia, Muslim Diken, M.Pd.I di sela-sela kegiatan ini menjelaskan, Workshop atau Sosialisasi ini merupakan bagian dari kegiatan rutin tahunan di bidangnya. Pelatihan ini sebagai bagian dari tindaklanjuti dan dukungan terhadap pembangunan di lingkup IAIN Ambon secara umum, untuk menjawab kebutuhan dan tantangan kse depan. Apalagi, menurut Muslim, dunia saat ini, termasuk di bidang pendidikan sudah masuk pada era revolusi industri. Di mana, semua pelayanan harus dilakukan dengan cara online. Tuntutan tersebut, membuat mereka harus terus berinovasi termasuk dengan diadakannya kegiatan kemarin untuk menjawab hal tersebut.

Kegiatan ini, lanjut dia, diikuti oleh dosen dan pegawai di lingkup IAIN Ambon sebanyak 75 orang. Tujuannya, agar para operator dan dosen memahami dan memfungsikan aplikasi Siakad Cloud dalam peningkatan layanan akademik berbasis online, mulai dari tingkat institut, fakultas, jurusan.

Senada juga disampaikan oleh Narasumber, yang juga Kepala PTIPD IAIN Ambon, M. Fauzan Bahadjai, M. Eng, pada workshop ini peserta dilatih untuk memahami tata cara pengiputan data diri, membuat jurnal mengajar, membuat dan mengontrol absen mahasiswa, menginput nilai, hingga membuat laporan berbasis online. "Sebenarnya, pelatihan ini akan lebih tepat diikuti oleh para dosen. Sebab, mereka diberikan materi yang akan mendukung BKD dosen setiap bulannya. "Zaman sekarang kan sudah harus menggunakan sistem informasi online, makanya dosen semua dosen diwajibkan. Saya sarankan agar aplikasi ini dapat digunakan oleh semua dosen, sehingga data kita lebih mantap dan bermartabat."

Ia berharap, lewat kegiatan ini, ke depan semua di IAIN Ambon tertata dengan baik, mulai dari data dosen, data mengajar, administrasi mahasiswa dan sebagainya. "Intinya, lewat pelatihan ini, para dosen dan mahasiswa mempunyai mindset yang sama untuk menghadapi era digitalisasi ini," tutup Fauzan. (*)

Dilihat: 508