LP2M IAIN Ambon Gelar Seminar Proposal Penelitian Kompetitif

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon menggelar Seminar Nasional Penelitian Kompetitif Dosen, yang dirangkai dengan kegiatan Launching Buku Hasil Penelitian, Sertifikat HAKI dan Portal Publikasi e-Book. Seminar Nasional Proposal Penelitian ini digelar di Ruang Aula Lt III Gedung Rektorat IAIN Ambon, Senin, 4 Maret 2019.

Seminar Sasional dengan menghadirkan narasumber tunggal, Ketua LP2M IAIN Tulungagung, Ngainun Naim, M.Si, ini dilakukan untuk memboboti pengalaman para dosen IAIN Ambon, yang fokus di bidang penelitian. Sebab itu, selain Seminar Nasional, kegiatan juga dilanjutkan dengan reviewer materi penelitian dari para peneliti IAIN Ambon, yang akan berlangsung hingga tanggal 6 Maret 2019 mendatang.

Ketua LP2M IAIN Ambon, Dr. Ismail Tuanany, MM, dalam sambutannya menjelaskan, bahwa dalam tiga tahun terakhir perkembangan kegiatan penelitian di LP2M IAIN Ambon, terus mengalami perkembangan yang sangat pesat. Ia lalu merincikan, pada Tahun 2017, terdapat 60 judul penelitian yang terbagi dalam lima cluster penelitian yang dibiayai oleh LP2M IAIN Ambon. Total jumlah dana bantuan penelitian yang dialokasikan pada Tahun 2017 senilai Rp1.400.000.000. Sementara untuk Tahun 2018 terdapat 38 judul penelitian yang terbagi dalam empat cluster penelitian. Jumlah dana bantuan penelitian yang dialokasikan pada Tahun 2018 senilai Rp.1.856.000.000. Adapun outcome kegiatan penelitian pada Tahun 2018, melahirkan beberapa produk unggulan seperti: 38 judul buku ber-ISBN (International Standart Book Number), 38 Sertifikat HAKI (Hak atas Kekayaan Intelektual) dari Kementerian Hukum dan HAM RI, 38 judul e-Book yang dapat diundu secara gratis melalui portal publikasi.lp2m.iainambon.ac.id, yang secara bersamaan dilaunching kemarin. "Kami juga terus mendorong semua peneliti penerima dana bantuan penelitian Tahun 2018, untuk mempulikasikan penelitiannya di Jurnal bereputasi, baik nasional maupun internasional. Pada kesempatan ini, kami ingin mengucapkan selamat kepada Dr. Idrus Sere, M.Pd, salah satu penerima Hiba Penelitian 2018 yang artikel hasil penelitiannya telah dinyatakan diterima di salah satu jurnal internasional, yang terindex scopus. Kami berharap semua peneliti penerima Dana Bantuan Tahun 2018, juga dapat segera mempublikasikan artikelnya," rinci dia.

Sementara pada Tahun 2019 ini, LP2M IAIN Ambon merencanakan untuk membiayai 61 judul penelitian yang terbagi dalam enam cluster. Enam cluster tersebut dengan rincian, 15 penelitian peningkatan kapasitas, 21 penelitian dasar pengembangan program studi, 12 penelitian dasar interdisipliner, 5 penelitian terapan dan pengembangan PTKI, 4 penelitian terapan dan pengembangan nasional, dan 4 penelitian pengabdian berbasis Prodi. "Total jumlah dana penelitian yang dialokasikan senilai Rp. 1.929.000.000. Kami berharap, kegiatan penelitian 2019 dapat menghasilkan berbagai produk akademik yang jauh lebih meningkat dari Tahun 2018, terutama dalam hal publikasi di jurnal yang bereputasi, baik skala nasional maupun internasional."
Ia juga melaporkan, bahwa pada Tahun 2019 ini, proses regestrasi proposal, penilaian proposal, hingga penilaian hasil penelitian, akan dilakukan secara online sebagaimana diprogramkan dalam sistem portal LITAPDIMAS. "Oleh karena itu, perlu kami sampaikan bahwa pada tahun ini, LP2M hanya menggunakan para reviewer yang telah memiliki akun sebagai reviewer dalam sistem LITAPDIMAS. Kami menyiapkan enam reviewer untuk mereview 68 judul proposal yang telah dinyatakan lolos seleksi administrasi atau nomine. Selain lima reviewer nasioanal yang berasal dari IAIN Ambon. Kelimanya itu; Dr. Idrus Sere, Dr. Sulaiman, Dr. Muhmmad Rijal, Dr. La Jama’a, dan Dr. Saidin Ernas, kami juga mengundang Dr. Ngainun Naim, untuk membantu kita mereview proposal penelitian 2019," kata dia.

Soal kegiatan reviewer, mantan Dekan Fakultas Uswah IAIN Ambon ini menjelaskan, selain akan memeriksa dan menilai subtansi akademik proposal penelitian, para reviewer akan dibantu oleh Tim Komite Penelitian dari LP2M IAIN Ambon, yang akan memeriksa kelayakan Rencana Anggaran Belanja (RAB) proposal penelitian. Sehingga, dana penelitian yang dialokasi bisa efesien dan efektif dalam mendukung kegiatan penelitian di IAIN Ambon. "Sebagai bagian dari proses pengendalian mutu proses penelitian pada Tahun 2019, maka LP2M telah merencanakan untuk melakukan proses monitoring dan evalauasi, terhadap jalannya proses penelitian 2019. Proses monitoring akan dilakukan dalam dua segmen; pertama, memeriksa secara langsung beberapa kegiatan penelitian di sejumlah lokasi yang akan dipilih secara acak. Proses monev akan dilakukan sekitar bulan Juli sampai Agustus 2019. Kedua, melakukan seminar hasil penelitian yang direncanakan pada bulan September 2019." Sedianya, menurut dia, kegiatan penguatan dalam bentuk Seminar Nasional kemarin, menghadirkan dua pemateri dari pusat. Masing-masing, Dr. Machrus selaku Kasie Penelitian Subdit Penelitian Diktis Kemenag RI, dan DR. Ngainun Naim, dari IAIN Tulungagung, tutup Ismail. (***)

Dilihat: 114