Dharma Wanita IAIN Ambon Sumbangkan 300 Kg Daging Sapi

Berbeda dari tahun sebelumnya, Pengurus Dharma Wanita (DW) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, melakukan penyembelihan hewan kurban sebanyak 5 ekor sapi, sehari setelah perayaan Idul Adha. Penyembelihan hewan qurban dilakukan pada Kamis, 23 Agustus 2018, di halaman Masjid Kampus IAIN Ambon.
Daging hewan kurban yang sudah dipotong, kemudian dikemas dalam kertas 1 kilogram, dan dibagikan kepada masyarakat yang berhak menerimanya, sebanyak 300 Kg.
Ketua DW IAIN Ambon, Hj Ariani Toisuta, menyatakan, terselenggarakan pemotongan hewan kurban ini berkat kerjasama seluruh pengurus dan anggota Dharma Wanita IAIN Ambon, yang telah menjadi agenda rutin tahunan. Ia menjelaskan, sebelum pada puncak penyembelihan, kegiatan kurban ditangani langsung oleh Bidang Sosial dan Budaya Dharma Wanita IAIN Ambon. Setelah melakukan tugas dan tanggungjawab selama beberapa bulan, akhirnya pihak yang dipercayakan dalam hal ini Bidang Sosial dan Budaya DW IAIN Ambon berhasil mendapatkan sebanyak lima ekor sapi, yang secara resmi disembeli oleh pengurus Masjid kampus IAIN Ambon, pada Kamis, 23 Agustus 2018 kemarin.
Ia berharap, sumbangan gading kurban kepada warga yang berhak menerimanya, mendapatkan syafaat dari Allah Swt. Tentu, dengan harapan terbesarnya, bahwa sumbangan daging kurban tersebut dapat dirasakan oleh warga yang sudah menerimanya. Selain itu, ke depan harap Ariani, agar ibu-ibu Dharma Wanita serta pegawai dan dosen secara umum di lingkup IAIN Ambon, dapat tetap memiliki semangat untuk berkorban terkhususnya menyambut Hari Raya Idul Adha. Karena, selain menjadi tradisi dalam Umat Islam, perayaan Hari Raya dengan mengkorbankan hewan juga telah disunnahkan dalam agama Islam sebagai suatu ibadah atau amal jariyah, bagi masyarakat yang memiliki kemampuan ekonomi lebih.
Ia menjelaskan, memperingatan Idul Adha, setiap umat muslim yang memiliki kemampuan, dianjurkan untuk menyembelih hewan kurban. Setelah itu, daging kurban akan dibagi-bagikan kepada mereka yang berhak membutuhkan. Hal ini secara tidak langsung mengajarkan untuk memiliki semangat yang tinggi dalam berbagi. Di mana, umat muslim diingatkan kembali bahwa untuk mencapai segala hal yang diimpikan, maka pengorbanan wajib dilakukan. Di dalam proses penyembelihan hewan kurban, setiap orang diingatkan untuk merenungkan kembali perjalanan kisah Nabi Ibrahim As, bersama anaknya Nabi Ismail As. Dari kisah keduanya, setiap orang diajarkan selain untuk saling berbagi, juga untuk sama-sama meningkatkan hubungannya dengan orang lain, sehingga tercipta suasana hidup yang rukun dan damai. "Ada hikmah yang mendalam dari setiap peringatan Hari Raya Idul Kurban, selain lewat proses penyembelihan hewan, juga proses berbaginya kepada orang-orang yang berhak menerima bantuan tersebut." Ia berharap, ke depan ada penambahan hewan kurban dari yang sudah disembeli kemarin, sehingga paling tidak, semua masyarakat di komplek kampus IAIN Ambon yang berhak menerima bantuan ini, mendapatkan hak yang sama, pesan, istri Rektor IAIN Ambon ini. (***)

Dilihat: 110