Kementerian Agama RI.

Institut Agama Islam Negeri Ambon

Jalan Dr. H. Tarmizi Taher - Kebun Cengkeh - Batu Merah Atas
Ambon - Maluku - Indonesia

PROVINSI Maluku termasuk salah satu daerah di Indonesia yang memiliki kekayaan alam melimpah ruah. Kekayaan itu terbentang di darat hingga laut. Selain kekayaan alamat di laut berupa ikan dan teripang yang nilainya

menembus pasar internasional, Maluku juga ternyata menyimpan emas, tembaga, nikel, hingga potensi gas dan minyak (Migas). Hanya saja, Maluku masih sangat minim sumber daya manusia di bidang pertambangan dan industri.
Salah satu kelemahan minimnya SDM di bidang perindustrian dan pertambangan, karena seluruh perguruan tinggi di Maluku, belum memiliki fakultas yang konsen di bidang industri dan pertambangan, termasuk Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, yang menjadi satu-satunya kiblat pendidikan bagi umat Muslim di Maluku. Tak ayal, IAIN Ambon yang kini berproses untuk menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Ambon, selayaknya sudah harus membuka Fakultas Perindustrian dan Pertambangan. Demikian dititipkan Kapolda Maluku Brigjen Polisi Ilham Salahudin, saat menyampaikan materi Kuliah Umum di hadapan ratusan mahasiswa IAIN Ambon, Rabu (14/12).
Jenderal satu bintang di pundaknya ini berharap, ke depan IAIN Ambon dapat melihat pengembangan fakultas atau program studi yang lebih menjawab kebutuhan dan tantangan pembangunan sumber daya alam di Maluku. Salah satu tantangan yang akan dihadapi oleh Maluku ke depan, kata Ilham, apabila Migas Blok Masela berhasil diproduksi di Maluku, maka rekruitmen tenaganya bukan sedikit. "Bisa mencapai ribuan orang. Dan, kalau Maluku tidak punya sumber daya di bidang industri dan pertambangan, maka tentu akan diambil dari luar Maluku. Kelak kita akan menjadi penonton. Jangan sampai hal itu terjadi," pesan Ilham.
Bagi dia, pembangunan pendidikan sewajarnya lebih berfokus kepada pengembangan skill yang berbasis kebutuhan daerah. Apabila Maluku sudah punya sumber daya manusia yang memadai, maka tidak mungkin juga, kelak Maluku akan menjadi salah satu provinsi termaju di Indonesia. Sebab itu, IAIN Ambon sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi di Maluku, sudah selayaknya melakukan terobosan ke arah tersebut. (***)