Kementerian Agama RI.

Institut Agama Islam Negeri Ambon

Jalan Dr. H. Tarmizi Taher - Kebun Cengkeh - Batu Merah Atas
Ambon - Maluku - Indonesia

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon menggelar Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Periode Triwulan II di lingkup IAIN Ambon, tahun anggaran 2016. Rapat evaluasi pelaksanaan anggaran digelar di Lt II Gedung Rektorat IAIN Ambon, Rabu (24/8/2016).

Wakil Rektor II IAIN Ambon Dr. Ismail DP, saat membuka acara ini berharap, agar pertanggungjawab keuangan dari setiap kegiatan harus bisa dilakukan sesuai dengan aturan dan mekanisme yang berlaku di negara. Lebih pentingnya, harus memenuhi aturan pelaporan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, sehingga tidak terjadi penyalahgunaan anggaran negara di kampus ini. Hal ini penting, guna menjaga transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara di IAIN Ambon.

Soal realisasi penyerapan anggaran, menurut Ismail, realisasi penyerapan anggaran dituntut untuk intens mengevaluasi capaian-capaiannya dari setiap kegiatan yang pernah dilakukan. Bila ada masalah, maka harus dicarikan solusinya dan dibenahi bersama-sama, sehingga tidak menjadi persoalan di kemudian hari.

 

Apalagi, prospek pembangunan IAIN Ambon saat ini, lebih mengarah kepada realisasi program Zona Integritas, Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), sekaligus untuk pencapaian system pelaporan dalam target Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). (***)