Kementerian Agama RI.

Institut Agama Islam Negeri Ambon

Jalan Dr. H. Tarmizi Taher - Kebun Cengkeh - Batu Merah Atas
Ambon - Maluku - Indonesia

Rektor IAIN Ambon, Dr Hasbollah Toisuta, saat dikonfirmasi wartawan terkait dengan dukungan tersebut menyatakan dalam waktu dekat pihaknya akan mengumpulkan seluruh pimpinan untuk membentuk Tim Akselarasi dalam rangka melakukan studi kelayakan, menyiapkan rengstra perubahan status, serta berbagai hal yang berkaitan dengan niatan itu.

"Termasuk menyiapkan dan mengevaluasi berbagai aspek lain, seperti infrastruktur, sumber daya manusia, dan semuanya yang menjadi indikator untuk alih status tersebut." Untuk itu, ia berharap kepada seluruh civitas akademika, mulai dari mahasiswa, dosen, pegawai, dosen dan seluruh alumni untuk melamunkan keinginan tersebut. Rasa cinta harus dibangun bersama agar masa depan alih status itu dapat diraih dalam jangka waktu secepatnya.

Selain Karo Ortala Kemenag RI, dukungan alih status IAIN Ambon menjadi Universitas juga diberikan Staf Ahli Menag RI Bidang  Pendidikan Amin Abdullah, Rektor UIN Malang Prof Dr H Mudjia Rahadjo, saat menjadi pemateri pada Seminar Nasional Alih Status IAIN Ambon kemarin. Keduanya menyatakan untuk alih status yang paling penting harus berfikir dan mengalisis kemajuan perguruan tinggi di luar PTAI. Seperti kata Rektor UIN Malang, Prof Dr H Mudjia Rahardjo, dalam pengalamannya mengurus proses alih status UIN Malang.

Ia menyarankan kepada pihak IAIN Ambon sudah harus mendeklarasikan program alih status menjadi universitas dari sekarang. Bahkan, kata dia, semua konsep surat IAIN Ambon sudah mesti dibubuhi dengan rencana alih status tersebut. Kalau hal ini telah dilakukan, maka tujuan untuk mengalihkan status IAIN Ambon menjadi universitas akan semakin jelas, dan langsung tersosialisasi baik kepada masyarakat maupun pemerintah. (***)