Kementerian Agama RI.

Institut Agama Islam Negeri Ambon

Jalan Dr. H. Tarmizi Taher - Kebun Cengkeh - Batu Merah Atas
Ambon - Maluku - Indonesia

    Wakil Rektor I, Dr. Mohdar Yanlua selaku Inspektur Upacara dalam sambutannya meminta kepada civitas akademika, baik itu para dosen dan pegawai agar dapat menjiwai semangat para pahlawan yang sudah mendirikan bangsa dan negara ini. Walkhususnya lagi untuk lingkup IAIN Ambon, ia berharap agar semangat para pendiri kampus tersebut dapat selaku dikenang. Keingingan para pendiri kampus ini, agar dapat menjadi lembaga pengembangan sumber daya manusia terutama pengembangan umat, kiranya terus mendapat perhatian dari seluruh pegawai, sehingga kerja-kerja mereka terfokus untuk kemajuan bukan untuk kepentingan sesaat. Lebih penting, bahwa upacara yang digelar tidak sebatas serimonial belaka, melainkan sebagai bagian penting untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang sudah mengorbankan jiwa dan raganya demi bangsa dan negara ini.
    Lebih jauh, kata dia, sesuai tema 'Pahlawan tidak menuntut penghargaan kecuali tetap tegaknya negara kesatuan Republik Indonesia', harus dimanifestasi ke dalam tugas sehari-hari para abdi negara di lingkup IAIN Ambon. Sebagai lembaga pelayanan publik yang bergerak di bidang pendidikan, semua fokus harus diarahkan untuk bagaimana memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Mahasiswa harus dilayani dengan memberikan hak-hak mereka. Proses akademik seperti pelayanan, maupun kuliah harus terus dimaksimalkan. Sehingga, warga benar-benar merasakan keberadaan IAIN Ambon sebagai lembaga perguruan tinggi yang secara maksimal melayani kebutuhan masyarakat.
    Hal lainnya bahwa, IAIN Ambon berdiri di tengah-tengah lingkungan masyarakat. Sebagai perguruan tinggi, kiranya tridharma tidak hanya dipahami dan dihayati, tapi harus dipraktekkan dalam bentuk melayani masyarakat, sebagai suatu usaha untuk memperjuangkan perubahan sumber daya manusia menjadi lebih baik ke depannya. Ia berharap, pelayanan kiranya dilakukan tanpa memandang balasan tapi harus secara ikhlas sesuai jargon Kementerian Agama RI, iklas beramal. Jargon ini, harus dimanifestasi dalam praktek aktivitas sehari-hari untuk seluruh pegawai di lingkup IAIN Ambon, baik itu dosen, pegawai dan juga mahasiswa. (***)