Kementerian Agama RI.

Institut Agama Islam Negeri Ambon

Jalan Dr. H. Tarmizi Taher - Kebun Cengkeh - Batu Merah Atas
Ambon - Maluku - Indonesia


    Empat Prodi baru yang divisitasi oleh Tim Kemenag RI tersebut; Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Tadris Ilmu Pengetahuan Alam, Manajemen Pendidikan Islam, dan Pendidikan Bahasa Arab.
    Studi lapangan ini dilakukan untuk mengecek secara langsung kesiapan sarana dan prasarana kependidikan dalam rangka pemberian izin operasional kepada empat Prodi yang diusulkan. Kegiatan yang berlangsung di Gedung FITK IAIN Ambon ini diawali dengan diskusi bersama para pimpinan IAIN Ambon, pimpinan fakultas hingga para dosen.
    Rektor IAIN Ambon, Dr. H. Hasbollah Toisuta yang mengalami proses visitasi prodi baru ini mengajak seluruh civitas di tingkat fakultas agar terus melakukan pembenahan di semua aspek, untuk mendukung proses pembelajaran kepada para mahasiswa. Hal penting yang patut diingat dalam pengusulan program studi, yakni tentang kebutuhan masyarakat di Maluku. Sebelumnya, kata dia, ada juga penambahan dua Prodi baru di Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam, yang kemudian ditambahkan lagi empat prodi baru ini. Itu artinya, kata Rektor, IAIN Ambon semakin harus terus dipercaya oleh Pempus sebagai lembaga pendidikan tinggi di Maluku, yang bertugas untuk mengawal pembangunan di bidang sumber daya manusia.
    Kata Rektor, ke depan tidak hanya empat Prodi ini, tapi, para pimpinan fakultas harus terus menjemput bola untuk membuka Prodi baru, yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Maluku. Tentu, membuka Prodi baru harus relevan dengan perkembangan daerah ini ke depan, yang diawali dengan studi kelayakan di lapangan sesuai kebutuhan masyarakat.
    Sementara itu, Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Ambon, Dr. Samad Umarella, di sela-sela proses visitasi empat Prodi baru ini menjelaskan, ke depan, pihaknya juga akan membuka Prodi baru yang sementara di gagas. Prodi baru tersebut akan menjadi unggulan untuk meningkatkan animo masyarakat ke IAIN Ambon. Selain empat Prodi baru ini, FITK IAIN Ambon ke depannya juga akan membuka Prodi Pendidikan Musik, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, dan Prodi Teknologi Pembelajaran. "Mengapa perlu dibuka Prodi-prodi tersebut, karena kita mempunya banyak dosen yang ada di bidang itu. Misalnya Prodi Teknologi Pembelajaran dan Bahasa Inggris. Selain itu, ini menjadi tantangan bagi IAIN Ambon sesuai hasil studi lapangan yang kami lakukan selama ini," simpul Samad. (***)