Kementerian Agama RI.

Institut Agama Islam Negeri Ambon

Jalan Dr. H. Tarmizi Taher - Kebun Cengkeh - Batu Merah Atas
Ambon - Maluku - Indonesia

SUKSES menjalankan sejumlah kegiatan di tingkat fakultas, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon kembali menggelar kegiatan Debat Mahasiswa, serta Pesta Olahraga dan Seni (Porseni). Debat Mahasiswa dan Porseni yang dibuka secara resmi oleh Rektor IAIN Ambon di halaman parkir GOR IAIN Ambon, Kamis (13/12), itu diikuti ratusan mahasiswa dari perwakilan tiga fakultas di kampus itu.

Rektor IAIN Ambon Dr Hasbollah Toisuta, dalam sambutan singkatnya menekankan kepada mahasiswa IAIN Ambon untuk mengasah kreatifitas minat dan bakat, guna menyambut alih status IAIN menjadi Universitas Islam Negri (UIN). Karena, semua skill mahasiswa IAIN Ambon akan dilirik kemudian dibina secara langsung oleh pihak institut, yang pada akhirnya akan diikutkan pada event nasional.
Lebih dalam, kata dia, semakin banyak mahasiswa IAIN Ambon yang menunjukkan kemampuan dan bakatnya, maka secara sadar telah memberikan dukungan untuk memudahkan proses alih status institut menjadi universitas. Seperti diketahui, IAIN Ambon saat ini sedang fokus menyiapkan diri selain untuk mencari nama, juga untuk peralihan status dari institut menjadi universitas. Untuk agenda peralihan status itu sendiri, akan digelar Seminar Nasional, yang khusus membahas dan menggali ide serta konsep untuk peralihan status tersebut.
Sebelum menutup sambutannya, ia menyebutkan, bahwa sejumlah kegiatan yang kini dilaksanakan di IAIN Ambon, dengan maksud menyambut pelaksanaan Dies Natalis IAIN Ambon ke-7 tahun 2013, yang bakal digelar bersamaan dengan wisuda IAIN Ambon pada tanggal, 28 Desember mendatang. Khususnya untuk wisuda IAIN Ambon nanti, akan dihadirkan Ketua Umum Palang Merah Indonesia, M Jusuf Kalla, untuk memberikan orasi ilmiah, guna mengisi agenda wisuda yang direncanakan digelar secara terbuka di depan Gedung Rektorat IAIN Ambon nanti. Sekadar diketahui, pembukaan Debat Mahasiswa dan Porseni IAIN Ambon dihadiri pula Wakil Rektor I, Dr Mohdar Yanlua, MH., dan Wakil Rektor II Drs M Yamin Rumra, M.Si. Pembukaan lomba kemarin juga dirangkai dengan peresmian Unit Kegiatan Mahasiswa Seni dan Olahraga. (***)